5 Fakta Pembekalan Calon Menteri di Hambalang, Nomor 3 Ungkap Pesan Prabowo

5 Fakta Pembekalan Calon Menteri di Hambalang, Nomor 3 Ungkap Pesan Prabowo

Terkini | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada para calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Rabu (16/10/2024). Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka turut hadir dalam kegiatan ini.

Adapun tokoh yang hadiri di antaranya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Lalu, ada politikus Golkar Nusron Wahid, mantan Ketua Tim Hukum TKN Prabowo-Gibran Yusril Ihza Mahendra, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo dan lainnya.

Suasana pembekalan calon menteri Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor. Pertemuan berlangsung hangat. (Foto: Jonathan Simanjuntak)
Suasana pembekalan calon menteri Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor. Pertemuan berlangsung hangat. (Foto: Jonathan Simanjuntak)

Prabowo meminta agar kabinetnya bekerja dengan baik untuk tidak korupsi. Lebih jauh, Prabowo juga berpesan agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa dihemat.

5 Fakta Pembekalan Calon Menteri Prabowo di Hambalang:

1. Agus Gumiwang Bocorkan Isi Pembekalan Calon Menteri Prabowo

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membocorkan isi pembekalan calon Menteri Prabowo Periode 2024-2029. Diketahui, pembekalan dilakukan di Hambalang, Jawa Barat pada hari ini, Rabu (16/10/2024).

Menurut Agus, Prabowo menekankan beberapa hal kepada para menteri pilihannya, salah satunya adalah ketahanan pangan dan energi. 

Agus menjelaskan, ketahanan pangan dan energi akan menjadi fokus pekerjaan Prabowo dan Gibran. Hal ini berkaitan erat dengan adanya isu-isu geopolitik yang bisa berdampak langsung di dua sektor tersebut.

"Tadi ada beberapa hal, misalnya ketika bicara ketahanan pangan dan energi," ujar Agus Gumiwang usai keluar dari Kediaman Prabowo di Hambalang, Rabu (16/10/2024).

Agus menjelaskan, ketahanan pangan dan energi akan menjadi fokus pekerjaan Prabowo dan Gibran. Hal ini berkaitan erat dengan adanya isu-isu geopolitik yang bisa berdampak langsung di dua sektor tersebut.

2. Gibran Tidak Berikan Arahan

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka menghadiri kegiatan pembekalan calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Rabu (16/10/2024). Gibran tidak memberikan arahan pemaparan apa pun dalam agenda itu.

“Enggak ada (arahan Gibran), mendengarkan seperti kami,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Rabu (16/10/2024).

Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) itu menyebut pembekalan diisi oleh tiga pemateri, salah satunya Presiden Terpilih Prabowo. Pada intinya, menurut dia, pembekalan diisi dengan berbagai macam strategi untuk menghadapi tantangan Indonesia ke depan.

“Melihat bagaimana kondisi-kondisi yang penting bagi tantangan negeri kita ke depan, bagaimana tadi problem geopolitik, geoekonomi, geostrategis yang terus mengalami dinamika yang sangat krusial,” ungkapnya.

3. Pesan Prabowo Amankan Aset Negara, Jangan Sampai Diserobot Asing

Politikus partai Golkar Nusron Wahid menghadiri pembekalan calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Rabu (16/10). Ia menyebut salah satu yang disampaikan Presiden terpilih Prabowo Subianto agar mengamankan aset negara agar tidak jatuh ke tangan negeri asing.

“(Pembekalan) Terus amankan aset-aset negara hutan, tanah, laut jangan sampai diserobot asing, diserobot oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Nusron Wahid kepada wartawan di Hambalang, Bogor, Rabu (16/10/2024).

Nusron juga mengungkap Prabowo meminta agar kabinetnya bekerja dengan baik untuk tidak korupsi. Lebih jauh, Prabowo juga berpesan agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa dihemat.

“Pembekalannya ya nanti kalau diangkat kerja yang baik. Terus jangan korupsi. Harus membantu penghematan biaya-biaya APBN. Jangan sampai APBN bocor,” ungkapnya.

4. Arahan Prabowo agar APBN Digunakan untuk Kesejahteraan Rakyat

Menkumham Supratman Andi Agtas mengungkapkan isi pembekalan yang diberikan Presiden Terpilih, Prabowo Subianto kepada para calon menteri. Salah satu pesan yang disampaikan yakni terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Intinya, presiden terpilih memberikan arahan kepada kami semua untuk membantu beliau. Tetapi pesan yang paling mendalam bahwa APBN itu benar-benar digunakan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat,” kata Supratman saat meninggalkan Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Selain itu, kata Supratman, para tokoh juga dibekali agar mampu bekerja di bidangnya masing-masing. Dia mengungkapkan calon menteri yang membantu Prabowo nanti harus saling berkoordinasi menjalankan visi dan misi yang ditentukan.

“Kami diberi bekal benar-benar harus bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing dan untuk saling berkoordinasi dan seluruhnya menjalankan visi misi presiden,” sambungnya.

5. Para Calon Menteri Kompak Pakai Kemeja Putih

Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada sejumlah tokoh yang digadang-gadang sebagai calon menteri pada kabinet pemerintahan mendatang. Pembekalan digelar di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Rabu (16/10/2024).

Selain dihadiri para calon menteri, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka juga hadir dalam pembekalan itu. Prabowo-Gibran hingga calon menteri terlihat kompak mengenakan kemeja putih dengan bawahan hitam.

Mereka terlihat berkumpul dalam satu ruangan besar. Suasana hangat terasa saat para tokoh berkumpul.

Mereka terlihat saling bersalaman hingga melempar senyum satu sama lain. Sesekali tokoh-tokoh itu menyalami Prabowo dan Gibran.

Topik Menarik