Joe Biden Telepon Donald Trump Pascapercobaan Pembunuhan

Joe Biden Telepon Donald Trump Pascapercobaan Pembunuhan

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 06:02
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Presiden AS Joe Biden berbicara via telepon dengan mantan Presiden AS Donald Trump, menyusul upaya pembunuhan terhadap calon presiden dari Partai Republik 2024 itu. Hal tersebut diungkapkan Wakil Sekretaris Pers Senior Gedung Putih, Emilie Simons, awal pekan ini.

"Presiden Biden baru saja berbicara dengan mantan Presiden Trump, dan menyampaikan rasa lega bahwa dia aman," ungkap Simons melalui platform media sosial X pada Senin (16/9/2024).

Menurut dia, Biden dan Trump terlibat percakapan yang hangat. Trump pu mengucapkan terima kasih kepada Biden atas panggilan telepon tersebut.

Pada Minggu (15/9/2024) waktu AS, Donald Trump kembali menjada sasaran percobaan pembunuhan. Penembakan terjadi di sekitar kediaman politikus Partai Republik itu di Florida. Trump tak terluka dalam insiden tersebut.

Dinas Rahasia AS lalu melepaskan tembakan ke tempat yang tampak seperti sarang penembak di dekat lapangan golf tempat Trump bermain saat itu. Polisi menangkap tersangka, Ryan Routh, terkait dengan insiden tersebut. Jaksa AS mendakwanya dengan dua pelanggaran terkait senjata api.

Upaya pembunuhan ini terjadi hampir 2 bulan setelah penembakan terhadap Trump oleh Thomas Matthew Crooks (20). Kala itu, Trump ditembak dari jarak sekitar 150 meter saat berkampanye di Butler, Pensylvania. Akibatnya presiden ke-45 AS itu menderita luka ringan di telinga kanan.

Topik Menarik