Pakaian Bersih Bisa Jadi Penyebab Masalah Kulit, Ini Alasannya!

Pakaian Bersih Bisa Jadi Penyebab Masalah Kulit, Ini Alasannya!

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 06:00
share

MENJAGA kesehatan kulit menjadi kunci agar penampilan terlihat indah dan menawan. Untuk memastikan kulit sehat, sejumlah cara menjaga kesehatan kulit pun sebaiknya dilakukan secara konsisten

Selain rutin membersihkan kulit, penting juga memperhatikan kualitas pakaian yang digunakan. Pasalnya pakaian jadi salah satu penyebab munculnya masalah kulit lho, yakni dermatitis.

“Beberapa pasien dermatitis yang datang ke saya itu, setelah diobservasi, ternyata pemicunya dari baju sendiri,” ujar Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dia Febriani, Sp. KK saat ditemui dalam acara peluncuran mesin cuci Toshiba Lifestyle, baru-baru ini.

Rupanya tak hanya pakaian kotor saja yang selalu menjadi penyebab masalah kulit. Tapi pakaian yang bersih berisiko menimbulkan penyakit dermatitis.

“Kemungkinan mencucinya itu kurang bersih, sehingga sisa-sisa residu dari detergen itu masih tersisa di pakaian. Bagi yang kulit sensitif, residu itu bisa menyebabkan ruam dan masalah kulit,” kata dr Dia.

Untuk itu, dr Dia menyarakan kepada masyarakat untuk lebih telaten saat mencuci pakaian. Yang perlu diingat, ketika pakaian masih menyisakan bekas noda, atau mengeluarkan aroma yang tidak sedap, itu tanda bahwa pakaian belum bersih sepenuhnya.

“Apalagi kalau baju olahraga, itu sering kali sudah dicuci masih kurang enak baunya, itu jadi pertanda kurang bersih. Jadi memang penting pakai alat yang menunjang untuk mencuci,” ujarnya.

Topik Menarik