71 Nelayan Sukabumi Terjebak di Laut usai Jembatan Putus Dihantam Ombak

71 Nelayan Sukabumi Terjebak di Laut usai Jembatan Putus Dihantam Ombak

Terkini | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:31
share

SUKABUMI, iNews.id - Puluhan nelayan terjebak di tengah laut setelah jembatan penghubung dermaga putus dihantam ombak besar di Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Rabu (16/10/2024). 

Dermaga yang berjarak sekitar satu kilometer dari daratan itu sebelumnya tersambung melalui jembatan beton, namun sempat rusak dan masyarakat setempat menyambungnya dengan bambu.

Jembatan itu kemudian hancur setelah diterjang gelombang tinggi. Saat kejadian, ada 71 nelayan yang sedang menangkap ikan di bekas dermaga. Mereka tidak dapat kembali ke daratan lantaran jembatan putus.

Kasat Polairud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar menjelaskan, ketinggian ombak yang mencapai 3-5 meter membuat upaya penyelamatan sulit dilakukan. 

“Nelayan terjebak di bagian tengah dermaga yang masih tersisa.  Dulunya, jembatan beton ini patah, dan nelayan menyambungnya dengan bambu untuk bisa melanjutkan aktivitas menangkap ikan. Namun, pagi ini, ombak besar menghantam dan memutuskan jembatan bambu itu," kata AKP Tenda.

Hingga kini, faktor cuaca dan gelombang tinggi menjadi kendala utama dalam upaya evakuasi. Kapal-kapal nelayan maupun kapal milik Basarnas dan Satpol Airud belum bisa menjangkau lokasi. Pihak Polairud telah berkoordinasi dengan pemilik kapal-kapal besar di Palabuhanratu untuk memberikan bantuan dalam evakuasi.

"Kita masih berupaya untuk menyelamatkan para nelayan yang terjebak. Gelombang tinggi menyulitkan kami untuk mencapai dermaga dengan kapal-kapal kecil, sehingga kami berkoordinasi dengan pemilik kapal besar di Palabuhanratu," kata AKP Tenda.

Topik Menarik