Kali Krukut Sering Banjir, Pramono Tawarkan Solusi Pembebasan Lahan

Kali Krukut Sering Banjir, Pramono Tawarkan Solusi Pembebasan Lahan

Terkini | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 10:28
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung menawarkan solusi pembebasan lahan di bantaran Kali Krukut, Pela Mampang, Jakarta. Usulan itu dia utarakan usai meninjau bantaran Kali Krukut, Selasa (15/10/2024).

Pembebasan lahan menjadi salah satu solusi karena wilayah ini kerap menjadi langganan banjir.

"Mau tidak mau memang harus ada pembebasan," ucap Pramono saat berdialog dengan warga.

Pramono menilai, pengerukan dan perluasan kali Krukut juga harus dilakukan karena jika tidak maka banjir akan terus-menerus terjadi.

Pengerukan lahan perlu bekerja sama dengan pemerintah khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sementara pembebasan lahan paling memungkinkan dilakukan Pemerintah Provinsi Jakarta.

"Untuk pembebasan lahan, selalu yang menjadi tanggung jawab adalah pemerintah provinsi," ucapnya.

Pramono mengingatkan, pembebasan lahan di Jakarta sebelumnya pernah dilakukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Dia kembali menekankan, permasalahan banjir di Jakarta tidak bisa ditangani sendirian oleh pemerintah provinsi. Pemprov juga harus berkolaborasi dengan pemerintah pusat. 

"Nggak mungkin ini diselesaikan hanya oleh pemerintah provinsi, harus kerja sama provinsi dan pemerintah pusat," ujar Pramono.

Topik Menarik