Jelang Operasi Zebra 2024, Polres Situbondo Perketat Disiplin Internal

Jelang Operasi Zebra 2024, Polres Situbondo Perketat Disiplin Internal

Terkini | batu.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:10
share

SITUBONDO, Batu.iNews.id – Dalam upaya menjaga kedisiplinan internal dan mencegah pelanggaran di kalangan personel, Propam Polres Situbondo, Polda Jatim, menggelar kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di Mako Polres Situbondo pada Selasa (15/10/2024).

Langkah ini menjadi persiapan menjelang Operasi “Zebra Semeru 2024” yang akan berlangsung di wilayah hukum Polres Situbondo.

Kapolres Situbondo, AKBP Rezi Dharmawan, S.I.K., M.I.K., melalui Kasi Propam Ipda I Komang Adi Aryama, menegaskan pentingnya Gaktibplin untuk memastikan seluruh personel mematuhi aturan serta menunjukkan sikap disiplin sebelum turun ke lapangan.

‘’Sebelum pelaksanaan penertiban di masyarakat khususnya dalam Operasi Zebra Semeru 2024, kami memastikan terlebih dahulu bahwa anggota kami tertib,’’ ujar Ipda I Komang Adi Aryama.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pemeriksaan kelengkapan seperti KTP, SIM, KTA, STNK, penampilan, serta kondisi kendaraan bermotor personel yang memasuki Mako Polres.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan satu personel yang tidak membawa Kartu Tanda Anggota (KTA) karena tertinggal di rumah. Setelah dicek dan KTA diambil, personel tersebut diberi sanksi push-up.

Ipda I Komang menekankan, Gaktibplin ini penting karena polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat harus menjadi teladan dalam hal kedisiplinan dan tata tertib berlalu lintas.

"Jadi, sebelum menertibkan masyarakat, kita harus menertibkan diri sendiri di institusi Polri,” ucap Komang.

Dengan demikian, kata Komang, Polri bisa memberikan contoh yang baik secara langsung kepada masyarakat.

Topik Menarik