Jokowi Resmikan Stadion Utama Sumatera Utara Senilai Rp587 Miliar, Ini Potretnya

Jokowi Resmikan Stadion Utama Sumatera Utara Senilai Rp587 Miliar, Ini Potretnya

Ekonomi | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 19:13
share

DELI SERDANG, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Stadion Utama Sumatera Utara, Sumut Sport Centre, Deli Serdang, Sumatera Utara pada hari ini Selasa (15/10/2024) sore. Pembangunan stadion tersebut menelan biaya hingga Rp587 miliar.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa saat ini Sumatera Utara memiliki stadion yang sangat besar dan mewah. Stadion itu pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai acara olahraga.

"Seperti yang kita lihat pada sore hari ini. Ini kemarin sudah dipakai untuk penutupan PON Sumatera Utara dan Aceh. Karena stadionnya baru, kita lihat semuanya baru dan sangat bagus. Kapasitasnya 25.000 penonton dan menghabiskan anggaran Rp587 miliar dari APBN," ujar dia.

Jokowi pun menitipkan kepada semua pihak termasuk pemerintah daerah agar stadion tersebut dapat segera diserahkan kepada pihak pemakai atau pengelola, khususnya klub sepak bola.

"Kalau stadion ini bisa diserahkan kepada klub-klub sepak bola yang ada di Sumatera Utara, entah itu PSMS, entah itu PSDS atau yang lainnya agar terawat. Karena dari pengalaman kita di provinsi-provinsi lain, fasilitas olahraga dibangun, setelah PON semuanya tidak terawat," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya telah melihat beberapa kali stadion yang baru diresmikan, namun tidak terawat dan terpakai setelah diresmikan. Untuk itu, ia mewanti-wanti agar stadion bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Jangan sampai kejadian itu terjadi di Sumatera Utara, setuju? Kita harapkan stadion yang mewah ini terus dirawat, terus dipakai, dan berguna bagi pembinaan olahraga di Sumatera Utara," ucap Jokowi.

Topik Menarik