Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Level Rp15.677 per Dolar AS

Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Level Rp15.677 per Dolar AS

Ekonomi | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 17:33
share

JAKARTA, iNews.id - Nilai tukar rupiah ditutup melemah terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini, Kamis (10/10/2024). Rupiah melemah 48 poin atau 0,19 persen ke level Rp15.677 per dolar AS dari sebelumnya di Rp15.629 per dolar AS.

Menurut data Bloomberg, rupiah sempat dibuka melemah 30 poin atau 0,19 persen ke level Rp15.629,5 per dolar AS. Rupiah bersama mata uang Asia lainnya seperti won Korea Selatan, baht Thailand dan dolar Hong Kong juga lesu.

Pengamat pasar uang Ibrahim Assuaibi mengatakan, perdagangan hari ini dipengaruhi sejumlah sentimen yang membayangi gerak rupiah pada perdagangan hari ini berasal dari global khususnya Amerika Serikat (AS).

"Kalender data AS yang sedikit minggu ini memberikan jeda setelah laporan pekerjaan yang kuat Jumat lalu menyebabkan dolar menguat dan membuat pasar meredam skala penurunan suku bunga yang diharapkan," ucap Ibrahim.

Melansir Reuters, indeks dolar AS menguat ke level tertinggi dalam 10 minggu pada hari Kamis karena pasar semakin yakin tentang pendekatan Federal Reserve untuk pelonggaran moneter lebih lanjut.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang terhadap enam mata uang utama termasuk yen, bertahan mendekati level tertinggi hampir dua bulan yang dicapai karena para pedagang semakin memangkas perkiraan pemotongan suku bunga AS tahun ini setelah data penggajian yang secara tak terduga menguat minggu lalu.

Indeks harga konsumen (CPI) bulan September yang akan dirilis hari ini kemungkinan akan menunjukkan inflasi inti AS tetap stabil pada tingkat 3,2 persen secara tahunan. Risalah rapat terakhir The Fed, yang dirilis semalam, mengonfirmasi fokus bank sentral untuk menjaga kesehatan pasar tenaga kerja.

85 persen pelaku pasar yakin The Fed akan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin pada keputusan kebijakan berikutnya pada tanggal 7 November, sementara 15 persen sisanya memperkirakan tidak ada perubahan suku bunga, menurut data FedWatch Tool.

Topik Menarik