Istana Sebut Prabowo bakal Teken Keppres Pemindahan Ibu Kota ke IKN

Istana Sebut Prabowo bakal Teken Keppres Pemindahan Ibu Kota ke IKN

Ekonomi | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 08:06
share

JAKARTA, iNews.id - Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana optimistis presiden terpilih Prabowo Subianto akan melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia yakin Keputusan Presiden (Keppres) pemindahan ibu kota ke IKN akan diteken oleh Prabowo.

"Saya mendengar sudah ada penjelasan dari Pak Prabowo terpilih dan itu sudah dikonfirmasi," ucap Ari dalam keterangannya dikutip Kamis (10/10/2024).

Menurutnya, pemerintahan Prabowo akan tetap melanjutkan pembangunan IKN yang dicanangkan oleh Jokowi. Hal itu pun telah disampaikan berulang kali.

"Tetap berlanjut. Itu sudah ditegaskan berulang kali, terutama oleh Pak Presiden terpilih, di IKN sendiri, menyampaikan berulang kali, sangat tegas bahwa ini akan melanjutkan," tutur dia.

Ari menjelaskan bahwa IKN memiliki koridor kerangka berupa undang-undang (UU). Hal itu pun menjadi keputusan dan harus dijalankan bersama.

"Seperti yang sudah disampaikan bapak presiden, IKN itu kan membangun sebuah ekosistem, tidak hanya sekadar membangun gedung pemerintahan, tetapi ekosistem yang mendukung bagaimana pengelolaan pemerintahan agar terus berjalan," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Presiden terpilih, Prabowo Subianto seharusnya menandatangani Keppres terkait dengan pemindahan status Ibu Kota dari Jakarta ke IKN. Hal itu ia sampaikan usai menghadiri kegiatan Nusantara TNI Fun Run 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (6/10/2024).

“Ya mestinya gitu, Presiden yang baru (yang meneken Keppres), Pak Prabowo,” kata Jokowi kepada wartawan.

Topik Menarik