STY Sebut Malik Risaldi Lebih Baik Ketimbang Ramadhan Sananta, Ini Perbandingan Statistik Kedua Pemain

STY Sebut Malik Risaldi Lebih Baik Ketimbang Ramadhan Sananta, Ini Perbandingan Statistik Kedua Pemain

Olahraga | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 09:51
share

JAKARTA, iNews.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), menyebut kondisi Malik Risaldi saat ini lebih baik ketimbang Ramadhan Sananta. Bagaimana perbandingan statistik kedua pemain musim ini?

Malik Risaldi menjadi satu dari 27 pemain yang dipanggil STY untuk menghadapi dua laga lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Bahrain dan China. 

Tim Garuda akan mengunjungi markas Timnas Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam. Setelah itu, pasukan STY akan mendatangi Qingdau Youth Football Stadium, markas Timnas China, Selasa (15/10/2024). 

Masuknya Malik Risaldi dalam skuad Timnas Indonesia membuat Ramadhan Sananta harus tersingkir. STY sudah menjelaskan alasan kenapa lebih memilih winger Persebaya Surabaya itu ketimbang Ramadhan Sananta.

“Terlihat kondisi Malik (Risaldi) lebih baik, dan saya ingin memberikan kesempatan juga kepada Malik,” kata STY, Minggu (6/10/2024).

“Jadi akhirnya saya memilih dia,” ucap pelatih asal Korea Selatan.

Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta. (IST)
Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta. (IST)

Perbandingan Statistik Malik Risaldi dan Ramadhan Sananta

Terlepas dari keputusan STY lebih memilih Malik Risaldi ketimbang Ramadhan Sananta, menarik diulas bagaimana perbandingan statistik kedua pemain di klubnya musim ini. 

Ramadhan Sananta sudah melakoni seluruh tujuh pertandingan bersama Persis Solo pada Liga 1 2024-2025. Namun, hanya tiga kali dia masuk sebagai starter, empat lainnya sebagai pemain pengganti.

Dari total 366 menit bermain di Liga 1 musim ini, bomber 21 tahun itu baru mengemas satu gol saat Persis pesta 4-0 atas Madura United, 24 Agustus lalu. 

Ditopang Ramadhan Sananta, Persis hanya meraih satu kemenangan, satu seri dan lima kekalahan. Kondisi itu membuat mereka hanya mengepak empat poin dan tercecer di peringkat ke-15 klasemen sementara, alias satu tingkat di atas zona degradasi. 

Sementara Malik Risaldi sempat menepi tiga pertandingan awal karena cedera betis. Winger 27 tahun itu baru kembali merumput di pekan keempat saat Persebaya Surabaya meladeni Persita Tangerang, 14 September lalu. Kehadirannya sejak menit pertama membuat Bajul Ijo mencuri kemenangan 1-0 atas tuan rumah Persita. 

Total, pemain kelahiran Persebaya Surabaya itu sudah melakoni empat pertandingan di Liga 1 musim ini. Dia selalu menjadi pilihan utama di klubnya. 

Secara keseluruhan, Malik Risaldi telah mendapatkan 330 menit bermain musim ini dan berhasil mengoleksi dua gol. 

Bersama Malik Risaldi, Persebaya berhasil tak terkalahkan dengan meraih tiga kemenangan dan sekali seri. Statistik tersebut membuat Bajul Ijo untuk sementara memuncaki klasemen sementara Liga 1 2024-2025. 

Nah, dengan statistik tersebut, sepertinya wajar jika STY lebih memilih Malik Risaldi ketimbang Ramadhan Sananta. 

Topik Menarik