Jokowi Sering Minta Maaf kepada Warga di Akhir Jabatan, Ini Kata Istana

Jokowi Sering Minta Maaf kepada Warga di Akhir Jabatan, Ini Kata Istana

Terkini | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 07:18
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering meminta maaf kepada masyarakat menjelang akhir masa jabatan pada 20 Oktober mendatang. Permintaan maaf ini kerap disampaikan Jokowi ketika melakukan kunjungan kerja di sejumlah daerah.

“Presiden Joko Widodo telah menunjukkan sikap kerendahan hati dan keberanian untuk meminta maaf secara langsung atas kekurangsempurnaan selama masa jabatannya,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, Jumat (4/10/2024).

Yusuf mengatakan, permohonan maaf itu menunjukkan Jokowi bertanggung jawab atas kebijakan yang telah dijalankan.

Selain itu, permintaan maaf langsung Presiden Jokowi juga dinilai mencerminkan hubungan langsung pemimpin dengan rakyat. Termasuk menunjukkan rasa saling empati.

“Itu adalah komitmen beliau terhadap prinsip transparansi dan akuntabilitas yang kuat dalam kepemimpinannya,” ujar Yusuf.

Diketahui, Presiden Jokowi sudah beberapa kali menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat saat kunjungan kerja di sejumlah daerah. Salah satunya, Jokowi memohon maaf saat meninjau Pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur, pada awal September.

Kedua, Jokowi memohon maaf sekaligus berpamitan saat mengunjungi di Pasar Delimas Raya, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Ketiga, Jokowi berpamitan di Pasar Mawar, Pontianak, Kalimantan Barat.

Jokowi juga meminta maaf sambil mengucapkan salam pamit kepada masyarakat saat meninjau gudang Bulog di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Terbaru, Jokowi meminta maaf kepada masyarakat saat mengunjungi Pasar LIPA Kalabahi, di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Topik Menarik