Tangani Banjir, Pramono-Rano bakal Lanjutkan Normalisasi Sungai Jakarta

Tangani Banjir, Pramono-Rano bakal Lanjutkan Normalisasi Sungai Jakarta

Terkini | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 22:20
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno menegaskan, dirinya bersama Pramono Anung bakal melanjutkan normalisasi sungai di Jakarta. Hal itu sebagai upaya penanggulangan banjir. 

"(Normalisasi dilanjutkan) harus dong, itu bagian yang harus dikerjakan," kata Rano di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2024).

Selain itu, langkah cepat penanggulangan banjir adalah dengan memperbanyak pompa agar cepat surut. Dengan memperbanyak pompa, maka bisa cepat mengalirkan air banjir ke laut Jakarta.

"Di Jakarta cuma ada satu pompa, di Pluit, itu gedenya luar biasa. Apakah cukup satu pompa? Kurang sepertinya, harus dua pompa," ujarnya.

Eks Gubernur Banten itu menekankan, masalah banjir di setiap wilayah Jakarta berbeda-beda penanganannya.

"Setiap wilayah tingkat banjirnya beda-beda, karena daerahnya ada yang cekung, rendah, artinya beda-beda," ujar dia.

Sebelumnya, Rano mengaku akan memetakan wilayah mana saja di Jakarta yang rentan banjir. Dia akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat jika terpilih nanti dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

"Ya itu juga kita pikirin, sebetulnya kita sudah petain, banjir tuh ada di mana. Sekarang maaf mungkin pembangunan tol itu juga ada dampak, mungkin dalam tanda kutip drainase lupa dibesarkan," ucapnya pada Jumat (27/9/2024).

Topik Menarik