Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024 Digelar, Sandiaga Uno: Negara Lain Bisa Lihat Potensi Pariwisata Indonesia

Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024 Digelar, Sandiaga Uno: Negara Lain Bisa Lihat Potensi Pariwisata Indonesia

Travel | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:52
share

JAKARTA, iNews.id - Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar event bertajuk Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024. Event pertemuan bisnis antara para buyers dan sellers ini digelar pada Rabu (2/10/202) hingga 4 Oktober di Swissotel PIK2, Jakarta.

WITF2024 merupakan ajang pertemuan bisnis antara para buyers dan sellers, dalam memperkuat koneksi dan kolaborasi di sektor pariwisata Indonesia. Tahun ini, WITF2024 berhasil meng-host hampir 200 buyers yang berasal dari 38 negara dan diharapkan dapat memberikan bisnis bagi para stakeholder pariwisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam kata sambutannya mengatakan, melalui WITF2024 dia berharap akan lebih banyak lagi negara-negara yang melihat potensi pariwisata Indonesia.

"Kami sangat bangga memperkenalkan WITF2024 untuk men-showcase potensi dan keindahan pariwisata yang Indonesia miliki. Ada banyak sekali potensi-potensi yang bisa dieksplorasi wisatawan mancanegara, apalagi pariwisata kita sekarang mengusung konsep berkelanjutan dan berkualitas,” kata Sandiaga Uno dalam video sambutannya. 

Sementara itu, Ni Made Ayu Martini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf mengatakan, Kemenparekraf mendukung pelaksanaan Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024 sebagai ajang yang penting untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan destinasi-destinasi unggulan, tetapi juga mendorong kerja sama internasional dalam menciptakan pariwisata yang lebih berkelanjutan dan inovatif,” tutur Made. 

Grand opening WITF2024 juga turut dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanosoedibjo yang tampil menawan mengenakan blouse motif batik parang dipadukan dengan kain syal dan skinny jeans hitam. Pada kesempatan ini, Angela tak hanya melakukan seremoni pembukaan WITF2024 saja, dia juga sempat menyambangi area pameran untuk berinteraksi dengan para peserta event.

WITF2024 bukan sekadar pameran pariwisata saja, event ini mencakup pameran yang menampilkan teknologi perjalanan terbaru, inovasi pariwisata berkelanjutan, dan destinasi budaya terkemuka di Indonesia. Pada sesi utama akan membahas topik-topik penting seperti transformasi digital, pariwisata berkelanjutan, dan strategi pemulihan pasca-pandemi.

Peserta juga dapat menikmati talkshow dari berbagai pemangku kepentingan industri serta Top Tourism Leaders Forum yang akan menjadi salah satu sesi unggulan selama WITF 2024. Sesi jejaring akan memberikan peluang berharga untuk terhubung dengan para profesional dari pasar pariwisata domestik dan internasional.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Hariyadi Sukamdani menjelaskan, Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024 adalah milestone penting dalam membangun industri pariwisata Indonesia yang kuat dengan mempromosikan berbagai destinasi wisata serta kegiatan MICE dan Event berskala internasional.

"Pesan ini mencerminkan optimisme terhadap pertumbuhan pariwisata Indonesia sebagai destinasi utama dunia. Terlebih Pak Prabowo juga sudah menargetkan pertumbuhan ekonomi RI senilai 8 persen. Oleh karena itu kita berharap, WITF2024 dapat menjadi salah satu program berkelanjutan yang nantinya dapat membuat sektor pariwisata sebagai salah satu sektor yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi," kata Haryadi.

WITF2024 juga didukung oleh sejumlah mitra utama seperti Bank Central Asia (BCA) yang turut andil dalam pengembangan program Desa Wisata Kampung Adat Nagari Sijunjung, Wisata Wayang Desa Wukirsari, dan beberapa desa wisata lainnya di Indonesia. 

Mitra lainnya mencakup Agung Sedayu Group sebagai penyedia venue resmi. Kawasan PIK2 sendiri merupakan mega-development yang hanya berjarak 7 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan digadang-gadang menjadi salah satu destinasi pariwisata utama di Indonesia. Kawasan ini menawarkan daya tarik unik dengan fasilitas kelas dunia dan keberagaman budaya.

Topik Menarik