Gregoria Mariska Sakit Asam Lambung hingga Sulit Berdiri jelang Arctic Open 2024

Gregoria Mariska Sakit Asam Lambung hingga Sulit Berdiri jelang Arctic Open 2024

Olahraga | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:36
share

JAKARTA, iNews.id – Gregoria Mariska Tunjung sakit asam lambung dalam persiapannya menuju turnamen Eropa pada awal Oktober 2024. 

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia itu kembali jatuh sakit. Setelah terkena sakit cacar pada Agustus lalu, kali ini Gregoria mengeluhkan masalah di asam lambungnya.  

Kondisi sakit asam lambung ini membuat peraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024 ini harus absen latihan selama empat hari. Padahal dia harus mempersiapkan diri ke turnamen terdekat yakni Arctic Open 2024 yang berlangsung pada pekan depan.

"Puji Tuhan sudah latihan normal, bahkan lutut aku pun sudah enggak begitu sakit, aku udah lepas dari tapping juga selama latihan,” tutur Gregoria saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Rabu (2/10/2024).

“Tapi kemarin ada aja saya kena asam lambung, bilangnya sih iritasi usus, tapi kayaknya asam lambung sih, empat hari enggak latihan," ucapnya. 

Gregoria mengaku, dirinya memang punya riwayat asam lambung sejak 2020. Namun, untuk kasus kali ini, dia merasakan sakit asam lambung yang bermula dari diare. Pada kondisi ini juga, Gregoria sempat beberapa kali terlambat makan yang semakin memperparah.

"Jadi awalnya diare, pemicunya apa kurang tahu karena di weekend aku rasa makannya bener-bener aja gitu. Tapi tiba-tiba aku diare dan cukup parah sampai akhirnya aku diberi obat untuk stop diarenya. Trus mungkin di saat yang bersamaan juga aku kurang perhatiin makan aku," sambung pemain berusia 25 tahun tersebut.

"Mungkin aku ada telat sepersekian jam untuk harusnya udah sarapan tapi aku belum. Atau mungkin aku harusnya udah makan siang tapi aku belum. Jadi itu sih kayaknya yang memicu. Lalu aku minum obat saat diare. Mungkin obat itu cukup membantu, tapi aku jadi konstipasi. Enggak bisa buang air besar empat hari dan usus aku lagi tidak baik-baik saja," lanjutnya.

Gregoria juga menceritakan, saking perutnya sakit, dia sampai sulit berdiri hingga harus dibantu dengan tongkat. Hal inilah yang membuat pemain asal Wonogiri ini tidak bisa bergerak banyak, termasuk menjalani latihan.

"Bahkan aku jalan pun harus pakai tongkat gitu, buat berdiri pun sakit, tiduran yang terlentang juga sakit. Enaknya nekuk-nekuk gitu. Sudah minum air panas gitu trus sudah enakan, tapi nantinya kambuh lagi. Jadi kemarin sempat kepotong (latihannya) karena itu," kata Gregoria.

"Tapi (sekarang) udah, saya udah enggak ada (sakit) lagi gitu. Karena kemarin yang bikin parah kan aku muntah-muntah juga. Jadi makan masuk tapi keluar lagi. Makan sedikit, kayak berapa suap, muntah lagi, tengah malem gitu juga, enek muntah-muntah juga," dia menjelaskan. 

Untungnya pada pekan ini, Gregoria sudah pulih dan bisa menjalani latihan kembali. Ia berharap dengan waktu tersisa bisa mempersiapkan diri dengan baik jelang keberangkatan ke Arctic Open 2024 yang akan berlangsung di Finlandia pada 8-13 Oktober 2024. 

"Puji Tuhan aku sedikit ngerasa oke sih, kayak badan ringan nih, kayaknya aku kurusan deh. Latihan oke sih kayak enggak lemes. Dari Senin, Selasa, ini hari Rabu udah ada progress, udah enggak sakit perut lagi, bahkan aku udah enggak minum obat juga. Jadi aku pengen latihan maksimal nih tiga hari ini. Semoga nanti minggu depan bisa gacor," tutup Gregoria.

Topik Menarik