Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Dimulai di Era Prabowo

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Dimulai di Era Prabowo

Ekonomi | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 21:03
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal mengungkapkan feasibility study atau studi kelayakan kereta Cepat Jakarta - Surabaya akan rampung tahun ini. Adapun, pembangunannya akan dilakukan di era kepemimpinan Prabowo Subianto.

Risal mengatakan setelah FS tersebut rampung, maka secara bertahap proyek tersebut bisa langsung masuk dalam tahapan lelang. Lalu,konstruksi pada tahun depan di bawah Pemerintahan Prabowo Subianto.

"Kebetulan (FS Kereta Cepat Jakarta - Surabaya) dilakukan itu di operator, nanti saya cek ya. Tahun ini selesai harusnya masalah studi. Iya (Kemungkinan di Pemerintahan berikutnya proses konstruksi)," ucap dia saat ditemui usai konferensi pers Capaian Kinerja Sektor Transportasi selama 10 Tahun, di Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Lebih lanjut, Risal menjelaskan saat ini studi kelayakan tengah dibuat oleh Operator Kereta Cepat Jakarta - Bandung, yakni PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China). Studi itu dilakukan menyangkut pemilihan jalur yang nantinya akan dilintasi Kereta Cepat Jakarta - Surabaya.

"Karena studi kelayakan yang dilakukan itu untuk memastikan jalur yang akan dilintasi lewat utara, tengah, atau lewat selatan," tutur Risal.

klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>


Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rencananya proyek Kereta Cepat Jakarta - Surabaya nantinya memiliki 3 opsi lajur. Misalnya, menyusuri pantai utara Jawa, melintas Jawa bagian tengah, atau lewat sisi Jawa bagian selatan.

Adapun, Kemenhub sudah membuat kajian kasar terkait perlintasan yang potensial untuk digunakan Kereta Cepat Jakarta - Surabaya. Seperti jalur yang akan dibangun berada di atas atau elevated di sisi Jalan tol Trans Jawa, atau opsi lainnya terintegrasi dengan jalur Kereta Api eksisting.

"Mungkin kita akan menggunakan jalur kereta api atau jalan tol sebagai jalur jakarta surabaya, sehingga tidak terlalu banyak dana untuk pembebasan lahan," ucap dia saat ditemui di Hotel Mulia Jakarta, (20/9).

Budi menuturkan, jalur Kereta Cepat Jakarta - Surabaya sisi utara kemungkinan akan melewati beberapa kota, di antaranya Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Sedangkan kalau dibangun jalur tengah, tidak melewati Semarang, melainkan Purwokerto.

Topik Menarik