Ini Alasan Anggota DPR Jamaludin Malik Pakai Kostum Ultraman saat Pelantikan

Ini Alasan Anggota DPR Jamaludin Malik Pakai Kostum Ultraman saat Pelantikan

Terkini | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 15:06
share

JAKARTA, iNews.id - Anggota DPR terpilih Jamaludin Malik memakai kostum Ultraman saat pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR pada Selasa (1/10/2024). Penampilan Jamaludin Malik sempat menggegerkan Kompleks Parlemen. 

Namun Jamaludin terpaksa harus melepas kostum superhero itu dan meminta stafnya yang mengenakan kostum tersebut.

"Jadi tadi pagi kita kan saya sendiri pakai kostum ultraman, tapi karena tidak dibolehkan, saya mendelegasikan," kata Jamaludin usai pelantikan.

Anggota Legislatif (Aleg) terpilih dari Dapil II Jawa Tengah, Jamaludin Malik mengenakan kostum Ultraman. (Foto MPI).
Anggota Legislatif (Aleg) terpilih dari Dapil II Jawa Tengah, Jamaludin Malik mengenakan kostum Ultraman. (Foto MPI).

Politisi Partai Golkar ini pun menjelaskan alasan dirinya mengenakan kostum Ultraman. Ia mengaku telah mengenakan kostum Ultraman sejak awal maju menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029.

"Kita melihat aturan di KPU bahwa di kertas suara tidak ada foto, hanya ada nama dan nomor urut. Jadi semua baliho saya tidak ada foto saya sama sekali. Karena apa, percuma pasang foto saya karena tidak ada foto di kertas suara KPU," terang Jamaludin.

Kendati demikian, Jamaludin menemukan ide untuk mengenakan kostum Ultraman agar bisa dikenal dan diingat oleh konstituen. Ia pun memasangkan gambar Ultraman di alat peraga kampanye (APK) seperti balihonya saat massa kampanye. 

"Karena itu saya mencari cara yang murah, supaya nama saya gampang viral dan gampang terkenal, maka dari itu semua baliho saya gambarnya adalah gambar Ultraman. Tapi namanya tetep Jamaludin Malik, supaya apa? Orang selalu mengingat nama Jamaludin Malik. Itu dasarnya itu dulu," terangnya.

Jamaludin pun menjelaskan alasan memilih Ultraman lantaran superhero itu simbiol pahlawan yang menjaga bumi dari serangan monster. Ia juga mengaku suka dengan serial televisi tersebut.

"Ultraman adalah simbol pahlawan, penjaga bumi dari monster. Dan saya kelahiran 89, umur saya sekarang 35 tahun. Dulu kita suka dengan ultraman tapi kita rindu dengan sosok Ultraman yang sudah kehabisan monster," katanya.

Topik Menarik