Jepang Pilih Perdana Menteri Baru Hari Ini

Jepang Pilih Perdana Menteri Baru Hari Ini

Terkini | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 10:49
share

TOKYO, iNews.id - Pemerintahan Jepang, yakni Perdana Menteri Fumio Kishida dan para menteri, mundur seluruhnya. Ini untuk membuka jalan bagi parlemen menggelar pemungutan suara menentukan perdana menteri baru, Selasa (1/10/2024).

Kepala pemerintahan dipilih oleh para anggota parlemen berdasarkan suara terbanyak. Para kandidat adalah para ketua partai. Namun suara terbanyak tentunya diberikan kepada pemimpin partai atau koalisi yang memiliki suara mayoritas di parlemen. 

Koalisi partai berkuasa, Partai Demokratik Liberal (LDP) dan Partai Komeito, memiliki suara mayoritas, di Parlemen Nasional. 

Ketua LDP, Shigeru Ishiba, yang memenangkan pemilihan ketua partai pekan lalu, bakal menjadi perdana menteri Jepang ke-102. 

Dia kemudian akan membentuk kabinet baru yang akan disetujui oleh Kaisar Naruhito pada malam harinya.

Pada 4 Oktober mendatang, kepala kabinet dan menteri utama akan menyampaikan pidato kebijakan di hadapan dua majelis parlemen. Setelah itu sesi debat akan diadakan mulai 7 Oktober. 

Anggota parlemen akan mengajukan pertanyaan kepada anggota kabinet baru. 

Kemudian, majelis rendah parlemen akan dibubarkan pada 9 Oktober sebelum pemilihan umum dini yang diperkirakan akan berlangsung pada 27 Oktober. Pemilu dini digelar menyusul pengunduran diri Kishida.

Topik Menarik