Zulhas Sebut Ekonomi RI Bisa Tembus 8 Persen sesuai Target Prabowo Jika...

Zulhas Sebut Ekonomi RI Bisa Tembus 8 Persen sesuai Target Prabowo Jika...

Ekonomi | inews | Senin, 30 September 2024 - 15:44
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 8 persen, seperti target Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Hal itu bisa terwujud jika perdagangan impor ilegal diberantas.

Zulhas menilai, saat ini produk impor ilegal sudah membanjiri pasar Tanah Air dan  menimbulkan kerugian karena lolos dari pengenaan pajak. Tak main-main, cakupannya mencapai 35 persen.

"Berdasarkan data dari Pak Teten, (Menkop UKM), barang-barang ilegal ini persentasenya di pasaran sudah hampir 35 persen, jadi besar sekali," kata dia saat konferensi pers di Kantor Badan POM Jakarta, Senin (30/9/2024).

Zulhas menjelaskan, rusaknya pasar akibat peredaran barang impor ilegal ini disebabkan karena produk atau industri lokal cenderung kalah bersaing dengan produk impor ilegal. Sebab produk ilegal itu tidak dibebani pajak, yang juga masuk sebagai cost produksi.

klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

"Oleh karena itu program pak Prabowo, kita ingin tumbuh 8 persen, kemudian ingin menaikan tax ratio, kalau 35 persen (pangsa pasar produk ilegal) ini bisa kita selesaikan, maka tax ratio bertambah 1 persen dari sini saja bisa," tutur dia.

Selain itu, dari sisi industri juga akan menimbulkan dampak positif apabila barang impor ilegal ini diberantas. Sebab, pangsa pasar industri dalam negeri bisa lebih luas dan tidak harus bersaing dengan barang impor ilegal yang punya harga lebih murah.

"Kemudian tentu industri kita akan berkembang, sehingga pertumbuhan, salah satu pendukung untuk tumbuh 8 persen itu, kalau ini (impor ilegal) bisa kita selesaikan, karena industri akan berkembang," ucapnya.

"Sukses atau tidaknya program pemberantasan impor ilegal, salah satu faktor kita bisa meningkatkan tax ratio dan pertumbuhan ekonomi kita," kata Zulhas.

Topik Menarik