PTBA Beberkan Nasib Proyek Gasifikasi Batu Bara usai Ditinggal Air Products

PTBA Beberkan Nasib Proyek Gasifikasi Batu Bara usai Ditinggal Air Products

Ekonomi | inews | Senin, 30 September 2024 - 14:57
share

JAKARTA, iNews.id - Komisaris Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Irwandy Arif buka suara terkait pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) proyek hilirisasi atau gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) yang digagas oleh perseroan. 

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan pengganti usai perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Air Products and Chemical Inc memutuskan hengkang dari proyek hilirisasi batu bara yang menggandeng PTBA dan PT Kaltim Prima Coal (KPC) tersebut. 

Ia menuturkan hal itu lantaran proyek ini masih dalam tahap penjajakan awal dengan berbagai perusahaan potensial.

"Belum. Belum ada tanda-tanda (pengganti Air Products)," ucap Irwandy saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (30/9/2024). 

Irwandy menambahkan, belum ada kesepakatan apapun dengan perusahaan dari China yang sebelumnya juga digadang-gadang tertarik untuk berinvestasi di proyek hilirisasi batu bara di Indonesia ini. 

"Engga ada. Kalau DME belum ada. baru penjajakan yang sangat awal. Masih karena proses baru awal sekali," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PTBA Arsal Ismail mengungkapkan saat ini pihaknya masih melakukan proses dengan beberapa investor untuk proyek hilirisasi batu bara yang kerap digaungkan oleh pemerintah tersebut. 

"Karena untuk melakukan investasi itu kita juga harus melihat dari sisi keekonomiannya. Jangan sampai sisi keekonomiannya mengganggu keuangan dari PTBA," kata Arsal dalam acara Press Conference Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PTBA Tahun Buku 2023 di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Menurutnya, pihaknya tengah melakukan kajian khusus berkaitan dengan teknologi untuk memproses batu bara menjadi DME tersebut. 

"Kita harus melalukan kajian hati hati tapi program pemerintah untuk hilirasinya kita tetap mendukung dari sisi sumber daya batu baranya kita punya banyak cuman tekonologi untuk memproses batu bara menjadi hilirisasi ya untuk apa nanti kita sedang kita lalukan kajian," tuturnya.

Topik Menarik