The Fed Diprediksi Kembali Pangkas Suku Bunga 50 Bps pada November 2024

The Fed Diprediksi Kembali Pangkas Suku Bunga 50 Bps pada November 2024

Ekonomi | inews | Senin, 30 September 2024 - 06:30
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) diperkirakan akan kembali memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin (bps) pada November 2024 mendatang. Hal ini merujuk data inflasi AS telah mereda hingga mendekati target bank sentral di 2 persen.

Mengutip Reuters, inflasi menurut ukuran yang ditargetkan Fed, kenaikan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi dari tahun ke tahun, sebesar 2,2 persen pada bulan Agustus, menurut laporan Departemen Perdagangan.

Adapun angka ini sejalan dengan apa yang disampaikan Ketua The Fed Jerome Powell dalam sebuah konferensi pers setelah pemangkasan suku bunga minggu lalu.

Disebut bahwa awal yang besar diharapkan menjadi penurunan suku bunga selanjutnya yang ditujukan untuk memperkuat pasar tenaga kerja yang kini melemah.

"Jika Fed ingin memangkas 50 basis poin lagi pada bulan November, data inflasi tidak akan menghalangi mereka," kata Omair Sharif dari Inflation Insights dalam pernyataannya.

"Faktanya, semakin cepat inflasi mereda, semakin besar dorongan bagi mereka untuk bergerak lebih cepat menuju netral," tuturnya.

Sebanyak 54 persen pedagang memprediksi pemangkasan suku bunga setengah poin dilakukan pada November mendatang. Angka ini lebih besar dari 46 persen pelaku pasar yang memproyeksi pemotongan seperempat poin. 

Sebagian besar pelaku pasar memperkirakan suku bunga akan turun 75 bps hingga akhir tahun ini dan suku bunga akan berada pada kisaran 3,00-,3,25 persen pada pertengahan 2025 mendatang.

Topik Menarik