50.000 Ojol bakal Turun ke Jalan saat Pelantikan Presiden Prabowo, Ada Apa?

50.000 Ojol bakal Turun ke Jalan saat Pelantikan Presiden Prabowo, Ada Apa?

Ekonomi | inews | Senin, 30 September 2024 - 14:40
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Garda Indonesia, Igun Wicaksono mengungkap bahwa ribuan massa ojek online (ojol) akan turun ke jalan pada pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto atau 20 Oktober 2024 mendatang. Ribuan ojol akan menuntut Prabowo untuk mengurus aturan tarif.

Igun menjelaskan ada ada10.000 hingga 50.000 massa ojol yang tumpah ruah bersama masyarakat dengan titik kumpul berada di Gedung MPR/DPR RI. Lalu, aksi akan dilanjutkan hingga ke Istana Merdeka.

Menurut Igun, aksi tersebut dilakukan untuk menagih janji Presiden Jokowi yang belum selesai bagi ekosistem transportasi online, seperti permohonan atas regulasi tarif ojol untuk pengiriman barang dan makanan.

Asosiasi, kata Igun, akan menuntut Prabowo memerintahkan Kemenkominfo agar membuat formulasi tarif, serta aturanya melalui Permenkominfo. Serta, status pengemudi ojol yang rencana akan dibuatkan regulasinya oleh Kemenaker dalam bentuk Permenaker.

Apa saja yang akan dituntut para ojol? Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

"Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Garda Indonesia tidak dapat berharap lebih akan selesai pada masa pemerintahan Jokowi ini, harapan selanjutnya adalah regulasi tarif pengiriman barang dan makanan dapat di atur oleh Kemenkominfo serta perlindungan dan jaminan kesejahteraan bagi pengemudi ojek online dapat diatur oleh Kemenaker pada masa periode Presiden Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024," kata Igun, Senin (30/9/2024).

"Maka dalam hal ini secara simbolik untuk menyambut pelantikan Presiden Prabowo Subianto, Garda Indonesia akan menurunkan massa pengemudi ojol serentak dari seluruh Jabodetabek dan kota-kota lain yang ingin ke Jakarta untuk menyambut Presiden baru Prabowo Subianto, massa ojol Garda suka cita menyambut harapan baru bagi pengemudi ojol di Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029," tutur dia.

Igun melanjutkan, pihaknya tengah melakukan persiapan, termasuk melakukan konsolidasi dengan komunitas, serikat, aliansi, federasi dan konfederasi dari berbagai daerah di Indonesia untuk penyambutan ini. Ia berharap Pemerintahan Prabowo Subianto bisa memberikan masa depan yang lebih baik bagi para ojol.

Topik Menarik