Akatara 2024, Ajang Kolaborasi Sineas dan Investor Bangun Masa Depan Perfilman Indonesia

Akatara 2024, Ajang Kolaborasi Sineas dan Investor Bangun Masa Depan Perfilman Indonesia

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 28 September 2024 - 09:10
share

YOGYAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menyelenggarakan Akatara Indonesian Film Business Forum 2024 di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas UGM Yogyakarta mulai 26 - 27 September 2024. Platform ini telah dikenal sebagai ajang film market dan business forum terbesar bagi para pelaku industri perfilman Indonesia.

Acara ini memberikan peluang emas bagi para pembuat film untuk mendapatkan akses pendanaan, memperkenalkan proyek-proyek kreatif, serta menjalin kemitraan strategis dengan berbagai investor dan pihak terkait.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani mengatakan, program Pitching Forum adalah Film Market dan Business Forum yang diinisiasi oleh Kemenparekraf. Akatara memberikan kesempatan kepada para pembuat film untuk mencari investor, memperkenalkan proyek-proyek film mereka, dan menjalin kemitraan strategis. 

"Dukungan finansial dan kolaborasi seperti ini sangat krusial dalam memajukan industri film kita, menghasilkan karya-karya berkualitas, dan meningkatkan daya saing di pasar global” ujar Rizki Handayani.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Anggara Hayun Anujuprana, menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pelaku industri film dan pihak investor. Menurutnya, dukungan finansial dan kolaborasi seperti ini sangat krusial dalam memajukan industri film Tanah Air. 

"Dengan adanya Akatara, para pembuat film memiliki wadah untuk memperkenalkan proyek-proyek film mereka, mencari dukungan investor, dan menjalin kemitraan strategis yang dapat membawa karya-karya mereka ke tingkat lebih tinggi. Kami percaya, hal ini akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan industri kreatif dan kontribusi terhadap perekonomian nasional," katanya .

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh para pelaku industri, dengan sebanyak 192 proyek film yang telah diterima selama masa pendaftaran dari 20 hingga 31 September 2024, dengan rincian: 85 Proyek Fiksi Pendek, 30 Proyek Fiksi Panjang, 29 Proyek Serial, 22 Proyek Animasi Pendek, 12 Proyek Dokumenter pendek, 8 Proyek Animasi Panjang dan 6 Proyek Dokumenter Panjang.

Dengan terselenggaranya Akatara 2024, diharapkan ekosistem perfilman nasional dapat semakin kuat, berdaya saing, dan mampu menjadi salah satu sektor andalan dalam mendukung perekonomian nasional.

Topik Menarik