Hadiri Sidang Umum PBB, Luhut: Indonesia Ingin Solusi Damai untuk Konflik Ukraina

Hadiri Sidang Umum PBB, Luhut: Indonesia Ingin Solusi Damai untuk Konflik Ukraina

Berita Utama | inews | Rabu, 25 September 2024 - 01:15
share

NEW YORK, iNews.id – Indonesia ingin melihat solusi damai atas konflik Ukraina. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, di New York, AS, saat menghadiri Sidang Umum PBB.

Sikap itu dia sampaikan di tengah seruan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang ingin memaksa Rusia menerima tawaran perdamaian Kiev.

“Menurut saya, untuk Indonesia, berdasarkan konstitusi kita, kita ingin melihat penyelesaian damai, apa pun itu,” kata Luhut kepada kantor berita Sputnik, di sela-sela Sidang Umum PBB. 

“Jadi, kami belum tahu status situasi ini (rencana perdamaian Zelensky), tetapi berkali-kali presiden kami (Jokowi) mengatakan bahwa dia sangat ingin melihat penyelesaian damai di sana,” ucapnya.

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, sikap Zelensky yang memaksa Moskow untuk berdamai merupakan kesalahan fatal. Dia pun yakin hal tersebut pasti akan berdampak pada Kiev.

Zelensky sebelumnya mengatakan, tawaran perdamaian—yang dia sebut sebagai “rencana kemenangan” untuk Ukraina—telah dipersiapkan sepenuhnya. Pada Agustus lalu, Zelensky menyatakan, rencana tersebut juga berisi paket paksaan yang kuat bagi Rusia untuk mengakhiri perang melalui cara diplomatik. 

Mengomentari kata-kata Zelensky itu, Peskov menegaskan bahwa Rusia tetap akan melanjutkan operasi militer khusus di Ukraina dan akan mencapai semua tujuannya.

Topik Menarik