Waspada 6 Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak, Orangtua Wajib Waspada!

Waspada 6 Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak, Orangtua Wajib Waspada!

Berita Utama | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 22:43
share

KESEHATAN mental anak adalah salah satu aspek penting yang sering kali terabaikan oleh orangtua, terutama dalam situasi kehidupan yang penuh tekanan.

Meskipun anak-anak mungkin terlihat baik-baik saja di luar, mereka bisa saja menyembunyikan perasaan dan pikiran yang mereka alami. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengenali tanda-tanda awal bahwa kesehatan mental anak mereka sedang dalam bahaya.

Berdasarkan data dari NHS Inggris menunjukkan peningkatan sebesar 20 persen pada remaja berusia 11 hingga 25 tahun yang dirawat di rumah sakit karena masalah kesehatan mental. Totalnya mencapai sekira 150 ribu kasus antara 2017 dan 2023.

Lantas apa saja tanda gangguan kesehatan mental pada anak yang wajib diwaspadai oleh para orangtua? Merangkum dari Independen, Rabu (25/9/2024) berikut enam ciri-cirinya!

 

1. Suasana hati buruk

Perubahan suasana hati yang signifikan, seperti merasa sedih, mudah marah, atau frustrasi, dapat menjadi indikator masalah kesehatan mental. Seseorang mungkin merasa putus asa atau tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Menarik diri dari teman dan keluarga

Ketika seseorang mulai menghindari interaksi sosial dan menarik diri dari hubungan yang biasanya mereka hargai, ini bisa menandakan masalah emosional. Perasaan kesepian atau ketidakmampuan untuk terhubung dengan orang lain sering kali menyertai kondisi ini.

3. Perubahan nafsu makan

Tanda ini mencakup baik peningkatan maupun penurunan nafsu makan. Seseorang mungkin merasa tidak tertarik untuk makan atau sebaliknya, makan berlebihan sebagai bentuk pelarian dari stres atau kecemasan.

Topik Menarik