Jumbo! Jokowi Sebut Potensi Zakat di RI Capai Rp300 Triliun

Jumbo! Jokowi Sebut Potensi Zakat di RI Capai Rp300 Triliun

Ekonomi | inews | Rabu, 25 September 2024 - 15:09
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut potensi zakat di Indonesia mencapai Rp300 triliun. Ia pun meminta potensi zakat terus digali dan dikelola dengan profesional dan transparan. 
 
“Terakhir dihitung berapa pak? Rp300-an triliun. Sangat besar sekali,” tutur Jokowi saat membuka Rakornas Baznas Tahun 2024, Istana Negara IKN, Rabu (25/9/2024).
 
Apalagi, kata Jokowi, Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Dengan begitu, potensi zakat masih sangat besar untuk digali dan dikelola bersama.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sekarang penduduk kita 236 penduduk muslim kita 236 juta, sebuah jumlah yang sangat besar, tentu saja potensi zakat kita masih sangat besar untuk bisa kita gali dan kita kelola dengan baik,” katanya.
 
Oleh sebab itu, Jokowi berharap Baznas ke depan dapat melakukan terobosan-terobosan baik melalui edukasi kepada masyarakat, khususnya meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk membangun sebuah tata profesional.

Jokowi minta potensi zakat tersebut dikelola. Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

“Kalau masyarakat percaya semuanya zakat akan disalurkan lewat Baznas itu tujuan kita. Kalau sudah dipercaya itu enak,” ucap Jokowi.
 
Sementara itu, Jokowi mendorong Baznas sebagai badan pengelola zakat untuk terus meningkatkan kepercayaan masyarakat, salah satunya dengan percepatan digitalisasi.
 
Ia mengatakan dengan digitalisasi maka akan lebih mudah menjangkau lebih banyak Mustahik dan Muzakki.
 
“Semangat itu yang saya ingin bapak ibu bawa pulang sekembalinya dari ibu kota baru Nusantara yang tidak hanya dibangun fisiknya tapi budaya kerja dan pola pikirnya,” ucap dia.

Topik Menarik