Cegah Penyiraman Air Keras saat Patroli, Anggota Polres Jakbar Dilengkapi Bodycam

Cegah Penyiraman Air Keras saat Patroli, Anggota Polres Jakbar Dilengkapi Bodycam

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 22:14
share

JAKARTA, iNews.id –  Polres Metro Jakarta Barat akan melengkapi Tim Patroli Perintis Presisi dengan bodycam untuk mencegah aksi kekerasan kepada petugas. Langkah ini diambil setelah peristiwa penyiraman air keras yang menimpa anggota kepolisian saat berusaha membubarkan aksi tawuran di Kembangan, Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Syahduddi menegaskan pentingnya penggunaan bodycam dalam tugas patroli, terutama dalam menghadapi situasi-situasi berisiko tinggi.

"Tadi pagi sudah kami launching penggunaan bodycam bagi anggota saat apel pagi. Setiap personel dilengkapi dengan kamera ini agar kejadian seperti penyiraman air keras bisa dicegah," ujarnya, Selasa (24/9/2024).

Bodycam ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pencegahan, tetapi juga menjadi alat dokumentasi penting yang merekam seluruh aktivitas patroli polisi. 

Syahduddi menambahkan bahwa rekaman dari bodycam dapat dijadikan bukti jika terjadi perlawanan dari pelaku kejahatan atau insiden di lapangan.

"Bodycam akan aktif selama kegiatan patroli, dan hasil rekamannya bisa digunakan sebagai bukti tindakan yang diambil petugas. Ini akan sangat membantu dalam memberikan informasi serta mendokumentasikan tindakan kami saat melakukan penindakan atau pencegahan tawuran," jelasnya.

Selanjutnya: 3 Orang Ditangkap dalam Kasus Penyiraman Air Keras ke Petugas

Sebelumnya, polisi menangkap tiga pelaku penyiraman air keras terhadap dua anggota Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Dua polisi tersebut sebelumnya disiram air keras saat membubarkan aksi tawuran di Kembangan, Jakarta Barat. 

"Sudah kita amankan sebanyak tiga orang pelaku terkait kasus tersebut," kata Kombes M Syahduddi, Senin (23/9/2024). 

Satu dari tiga orang itu masih di bawah umur. Ketiganya yakni AAYA (15), ISE (23) dan RB (22).

Ketiga pelaku masih menjalani pemeriksaan lanjutan. Polisi juga mengamankan barang bukti berupa air keras dari tangan mereka.

Topik Menarik