Daftar Maskapai Internasional Setop Penerbangan ke Israel gegara Perang, dari AS hingga Eropa

Daftar Maskapai Internasional Setop Penerbangan ke Israel gegara Perang, dari AS hingga Eropa

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 19:39
share

TEL AVIV, iNews.id - Maskapai-maskapai internasional menghentikan penerbangan menuju dan dari Israel dampak dari konflik bersenjata negara tersebut dengan kelompok Hizbullah Lebanon.

Maskapai Azerbaijan, Azal Airlines, merupakan yang terbatu mengumumkan penghentian penerbangan menuju Tel Aviv. Alasan maskapai pelat merah negara Asia Selatan itu adalah seputar isu keamanan di Israel.

Azal tak menjelaskan sampai kapan penghentian penerbangan diberlakukan. Hal tersebut sangat bergantung pada situasi keamanan di Israel.

Maskapai penerbangan Inggris, British Airways, juga telah mengumumkan penghentian sementara penerbangan menuju Tel Aviv. Keputusan yang sama diambil Wizz Air, maskapai yang berbasis di Hongaria. 

Pekan lalu maskapai Jerman Lufthansa serta dari Prancis, Air France, memutuskan menangguhkan semua penerbangan menuju dan dari Tel Aviv.

Maskapai lain bagian dari Lufthansa Group, Eurowings asal Swiss, Austrian Airlines dari Austria, dan Brussels Airlines dari Belgia, juga mengambil langkah yang sama.

Dari Amerika Serikat, maskapai Delta Air Lines mengumumkan pada Kamis lalu menangguhkan penerbangan dari Bandara Internasional John F Kennedy (JFK) New York menuju Tel Aviv hingga 31 Desember 2024. Bahkan, American Airlines membatalkan penerbangan menuju dan dari Israel hingga April 2025.

Konflik terbaru Israel dengan Hizbullah Lebanon dimulai sejak Oktober 2023. Namun pertikaian memuncak sepekan terakhir salah satunya dipicu serangan bom perangkat komunikasi yang dilakukan Israel. Hizbullah membalas serangan yang memakan ribuan korban itu dengan menggempur Israel menggunakan ratusan roket pada Jumat lalu. 

Topik Menarik