Kata KPK soal Kapan Ungkap Analisis Kasus Jet Pribadi Kaesang: yang Bilang Mau Umumkan Siapa?

Kata KPK soal Kapan Ungkap Analisis Kasus Jet Pribadi Kaesang: yang Bilang Mau Umumkan Siapa?

Berita Utama | inews | Selasa, 24 September 2024 - 15:27
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango angkat bicara soal analisis kasus dugaan gratifikasi jet pribadi yang menyeret nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. Nawawi membantah hasil penelaahan akan segera disampaikan kepada publik.

“Yang bilang mau diumumkan siapa?” kata Nawawi, Selasa (24/9/2024).

Direktorat Gratifikasi KPK sebelumnya menyatakan, analisis laporan dugaan gratifikasi pesawat jet pribadi Kaesang Pangarep telah selesai. Menurut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, hasilnya akan diumumkan kepada publik.

"Proses telaah laporan gratifikasi sudah selesai," kata Pahala, Jumat (20/9/2024).

Pahala enggan membeberkan hasil telaah tersebut. Menurut dia, hasilnya akan disampaikan oleh pimpinan KPK.

"Nanti informasinya akan disampaikan pimpinan," ujarnya.

Sebelumnya, Kaesang mendatangi Gedung KPK, Selasa (17/9/2024). Kedatangannya untuk mengklarifikasi penggunaan jet pribadi saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya Erina Gudono beberapa waktu lalu.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku, jet pribadi yang ditumpanginya itu merupakan milik seorang rekan atau temannya.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang.

Topik Menarik