Habis Kesabaran, Korsel Ancam Serang Korut gegara Dikirimi 5.500 Balon Sampah dan Kotoran

Habis Kesabaran, Korsel Ancam Serang Korut gegara Dikirimi 5.500 Balon Sampah dan Kotoran

Berita Utama | inews | Selasa, 24 September 2024 - 13:25
share

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan (Korsel) memperingatkan akan menggunakan kekuatan militer jika Korea Utara (Korut) terus mengirim balon-balon membawa sampah dan kotoran. Ancaman menggunakan kekuatan militer sangat jarang dilayangkan Korsel, namun ribuan balon membawa sampah dan kotoran yang dikirim Korut sejak  Mei lalu dianggap sudah sangat mengganggu.

Serangan balon terbaru pada Senin (23/9/2024) menyebabkan gangguan operasional Bandara Internasional Incheon. Seluruh aktivitas penerbangan dihentikan selama lebih dari 90 menit.

“Militer kami akan melakukan tindakan militer yang tegas jika balon-balon sampah Korea Utara terus mengancam keselamatan penduduk kami atau jika balon-balon itu dianggap telah melewati batas,” kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel. 

Namun JCS tak menjelaskan tindakan militer apa yang akan digunakan terhadap Korut.

Pejabat Korsel sebelumnya menegaskan akan bertindak tegas terhadap Korut jika serangan balon menimbulkan kerugian terhadap penduduk. Selain penghentian penerbangan di Bandara Incheon, serangan balon Korut juga menyebabkan kebakaran. 

Korsel menahan diri untuk tidak menembak jatuh balon-balon tersebut karena khawatir menyebabkan dampak lebiuh luas. Sebagian besar balon Korut membawa sampah seperti kertas bekas, puntung rokok, dan bahan pembuat sepatu. Dalam beberapa kasus, balon juga membawa kotoran manusia dan hewan.

Korut sejauh ini telah mengirim lebih dari 5.500 balon yang membawa sampah dan kotoran ke Korsel sejak akhir Mei. Serangan itu sebagai protes atas latihan militer gabungan Korsel dengan Amerika Serikat (AS).

Selain itu Korut memprotes tindakan serupa oleh para pembelot dan aktivis Korsel yang mengirim balon membawa pesan-pesan propaganda serta benda lain ke Korut.

Topik Menarik