Memalukan! Media Asing Soroti Kericuhan Bobotoh Pukuli Steward usai Persib Vs Persija

Memalukan! Media Asing Soroti Kericuhan Bobotoh Pukuli Steward usai Persib Vs Persija

Olahraga | inews | Selasa, 24 September 2024 - 13:28
share

AMSTERDAM, iNews.id – Media asing ikut menyoroti kericuhan bobotoh memukuli steward usai laga Persib Bandung vs Persija Jakarta, Senin (23/9/2024). 

Kerusuhan terjadi tak lama setelah wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan pekan keenam Liga 1 2024-2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, itu. 

Usai laga, para penonton di tribune selatan mulai mengamuk. Mereka melempar benda ke arah lapangan. Mereka kemudian berhasil merobohkan pagar pembatas dan menyerbu ke lapangan.

Saat berhasil masuk ke lapangan, ratusan bobotoh beramai-ramai mengeroyok steward. Kemudian ada pula oknum-oknum suporter yang melemparkan kursi ke arah steward yang bertugas menjaga keamanan.

Melihat kondisi tersebut, para steward berlarian menyelamatkan diri. Tapi, bobotoh terus mengejar ke pintu ruang ganti pemain. Mereka terus melampiaskan emosinya kepada para steward. 

Kejadian itu diduga karena adanya gesekan antara suporter dan steward pertandingan. Diduga, insiden pengeroyokan itu dipicu oleh ketidakpuasan suporter terhadap manajemen klub yang menganggap enteng kasus pelecehan seksual yang dilakukan steward pada laga Persib kontra Port FC pada AFC Champions League Two, Kamis (19/9/2024).

Kejadian memalukan itu menjadi sorotan media asing. Media Belanda, Voetbal Primeur, memberitakan kericuhan itu disertakan dengan video yang telah beredar di media sosial.

“Usai kemenangan 2-0 Persib atas Persija, terjadi kerusuhan yang menyebabkan para pengurus diserang. Lapangan diserbu oleh suporter yang marah. Polisi harus turun tangan untuk mengendalikan situasi. Ini menghasilkan gambar yang aneh,” tulis Voetbal Primeur, dikutip pada Selasa (24/9/2024).

Media Vietnam, Soha VN, dan Malaysia Makan Bola pun turut memberitakan insiden itu. Mereka memberitakan insiden itu dengan menyertakan foto-foto kejadian selepas pertandingan antara Persib versus Persija itu.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah merespons kejadian tersebut. Dia menegaskan, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) harus bertanggung jawab untuk mengusut dan mengevaluasi insiden tersebut.

“Saya tunggu laporan dari LIB. Tapi melihat dari tayangan video yang beredar di medsos, tampak bagaimana suporter bisa turun ke lapangan setelah laga, lalu mengintimidasi para petugas di lapangan, ini yang perlu ditelusuri oleh LIB. Mengapa bisa terjadi?” ucap Erick.  

“Bagaimana manajemen pertandingan saat itu dijalankan LIB? Kita tidak boleh toleransi pada kekerasan, dalam bentuk apapun,” ujarnya.

Topik Menarik