Dikeroyok Bobotoh usai Persib vs Persija, 8 Steward Luka, 1 Masih Dirawat di RSUD Soreang

Dikeroyok Bobotoh usai Persib vs Persija, 8 Steward Luka, 1 Masih Dirawat di RSUD Soreang

Olahraga | inews | Selasa, 24 September 2024 - 13:40
share

BANDUNG, iNews.id – Setidaknya delapan steward terluka dan satu masih dirawat di RSUD Soreang setelah dikeroyok bobotoh usai laga Persib bandung vs Persija Jakarta, Senin (23/9/2024). 

Kericuhan pecah setelah pertandingan klasik antara Persib Bandung dan Persija Jakarta pada pekan keenam Liga 1 2024-2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, kemarin sore. 

Bentrokan itu mengakibatkan luka-luka di kalangan steward, yang kemudian dilarikan ke RSUD Otista Soreang.

Direktur RSUD Soreang, Yani Sumpena, mengonfirmasi, delapan orang dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

“Iya betul, semuanya ada 8 orang. 7 orang sudah pulang karena luka ringan, satu orang masih dirawat akibat cedera kepala ringan,” ucapnya, Selasa (24/9/2024).

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Otista, Irvan Agusta, menyebutkan, semua korban yang dirawat merupakan steward yang terluka.

“Menurut catatan, 8 orang yang dirawat adalah steward,” dia menjelaskan.

Menurutnya para korban berdatangan ke RSUD dimulai menjelang malam hingga tengah malam.

"Jadi mereka masuk sore menjelang Maghrib, sekitar 18.38 WIB terus ada yang 20.00 WIB ada yang jam 23.30 WIB," tuturnya.

"Jadi yang 7 hanya lecet-lecet, ada yang luka tapi kategori ringan. Saat ini yang satu sedang penanganan masih dalam perawatan," ucapnya lagi.

Kerusuhan pecah tak lama setelah wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Usai laga, para penonton di tribune selatan mulai mengamuk. Mereka melempar benda ke arah lapangan. Mereka kemudian berhasil merobohkan pagar pembatas dan menyerbu ke lapangan.

Saat berhasil masuk ke lapangan, ratusan bobotoh beramai-ramai mengeroyok steward. Kemudian ada pula oknum-oknum suporter yang melemparkan kursi ke arah steward yang bertugas menjaga keamanan.

Melihat kondisi tersebut, para steward berlarian menyelamatkan diri. Tapi, bobotoh terus mengejar ke pintu ruang ganti pemain. Mereka terus melampiaskan emosinya kepada para steward. 

Bahkan ada beberapa bobotoh yang memukuli steward menggunakan kursi hingga beberapa steward berlarian dan berlindung.

Kejadian itu diduga karena adanya gesekan antara suporter dan steward pertandingan. Diduga, insiden pengeroyokan itu dipicu oleh ketidakpuasan suporter terhadap manajemen klub yang menganggap enteng kasus pelecehan seksual yang dilakukan steward pada laga Persib kontra Port FC pada AFC Champions League Two, Kamis (19/9/2024).

Topik Menarik