Demo Hari Tani, Massa Minta Prabowo-Gibran Sejahterakan Petani dan Buruh

Demo Hari Tani, Massa Minta Prabowo-Gibran Sejahterakan Petani dan Buruh

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 13:30
share

JAKARTA, iNews.id - Ratusan petani dan buruh berdemonstrasi memperingati Hari Tani Nasional ke-64 di kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2024). Mereka meminta pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan dilantik menyejahterakan para petani dan buruh dengan melaksanakan reforma agraria.

"Agar pemerintahan berikutnya, Prabowo-Gibran menjalankan reforma agraria sebagai mandat," ujar Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI), Henry Saragih dalam orasinya, Selasa (24/9/2024).

Dia mengatakan, reforma agraria tidak dilaksanakan dengan maksimal dalam 10 tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin. Akibatnya, para kehidupan para petani semakin sulit.

"Kita semakin tidak punya tanah, tanah kita semakin sempit. 10 tahun terakhir ini lebih dari 1,5 juta hektare sawah pertanian hilang, jumlah petani yang tak punya tanah semakin bertambah, sebaliknya perusahaan besar semakin mengusai tanah jutaan hektare," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum SPI Agus Ruli Ardiansyah mengungkapkan reforma agraria dimanipulasi atas nama pembangunan dan proyek strategis. Upaya itu justru menggusur rakyat, padahal petani harus memiliki tanah sebagai mandat konstitusi.

"Kalau pemerintah tak menjalankan reforma agraria, tak memberikan redistribusi memberikan tanah pada rakyat, justru mempermudah pemberian izin konsesi pada perusahaan besar, kita harus ingatkan itu," paparnya.

Topik Menarik