Sri Mulyani Ramal Ekonomi RI Tumbuh 5,06 Persen di Kuartal III

Sri Mulyani Ramal Ekonomi RI Tumbuh 5,06 Persen di Kuartal III

Ekonomi | inews | Senin, 23 September 2024 - 20:51
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi ekonomi Indonesia tumbuh di kisaran 5,06 persen pada kuartal III 2024. Hal itu berdasarkan perkembangan asumsi dasar ekonomi makro yang salah satunya indikator pertumbuhan ekonomi yang diprediksi tumbuh 5,05 persen pada Semester I.

"Kami memperkirakan untuk Q3 masih akan relatif stabil sedikit di atas 5 persen, menurut estimasi di BKF di 5,06, jadi ini mungkin masih akan on track di sekitar angka tersebut," ucap dia dalam konferensi pers APBN KiTa Edisi September 2024, Senin (23/9/2024).

Dengan perkiraan itu, dia mengatakan target pertumbuhan ekonomi dalam APBN 2024 masih akan sesuai perkiraan yakni di kisaran 5,2 persen. Adapun per semester I 2024 secara kumulatif atau cumulative to cumulative (ctc) tumbuh 5,08 persen.

klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

"Untuk sampai dengan kuartal III, kami perkirakan masih akan terjaga momentumnya," tutur dia.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, terjaganya pertumbuhan ekonomi di kisaran 5 persen ini akan menjadi capaian yang baik bagi Indonesia di tengah lingkungan global yang terus dinamis.

Adapun faktor dorongan utama laju pertumbuhan itu ia katakan adalah mulai meredanya tren suku bunga acuan global, ditandai dengan turunnya kebijakan moneter bank sentral AS Fed Fund Rate (FFR) sebesar 50 basis points (bps) bulan ini.

"Volatilitas di pasar keuangan mulai menunjukkan penurunan dan makin baik, smentara arah kebijakan moneter di negara maju juga menunjukkan tren yang membaik. Hal yang tak bisa diprediksi  adalah geopolitik, termasuk kondisi pemilu di as yg akan menentukan arah kebijakan, ini masih akan harus kita waspadai," kata Sri Mulyani.

Topik Menarik