Pilgub Jatim 2024, Luluk-Lukman Nomor Urut 1, Khofifah-Emil 2, Risma-Gus Hans 3

Pilgub Jatim 2024, Luluk-Lukman Nomor Urut 1, Khofifah-Emil 2, Risma-Gus Hans 3

Terkini | inews | Senin, 23 September 2024 - 16:12
share

JAKARTA, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur selesi mengundi nomor urut pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub), Senin (23/9/2024).

Hasilnya, pasangan cagub-cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil) mendapat nomor urut 2.

Pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) mendapatkan nomor urut 3. Sedangkan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman) mendapat nomor urut 1.

Dalam pengundian nomor urut cagub-cawagub, KPU Jatim menggunakan mekanisme dua tahap. Pertama, para cawagub diperkenankan mengambil nomor antrean untuk mengambil nomor urut.

Cawagub yang mendapat nomor urut pertama adalah Emil Elestianto Dardak karena telah melakukan pendaftaran pertama ke KPU, kemudian antrean kedua oleh Zahrul Azhar Asumta, dan Lukmanul Khakim di antrean ketiga.

Setelah para cawagub mengambil nomor antrean, para cagub pun dipersilakan untuk mengambil nomor urut. Khofifah menjadi cagub pertama yang mengambil, disusul Risma dan Luluk.

Usai pengundian nomro urut, Khofifah mengaku bersyukur mendapat nomor urut 2. Dia lalu mengibaratkan nomor urut 2 sebagai pilihan bijak sesuai hadits Nabi. "Khoirul umuri ausatuha. Sebaik-baik urusan itu di tengah-tengah, Nah, calonnya kan ada tiga, kami beruntung dapat nomor 2 atau tengah-tengah," katanya.

Topik Menarik