Smelter Amman Milik Orang RI, Bahlil: Awal Sejarah Panjang Bangun Hilirisasi

Smelter Amman Milik Orang RI, Bahlil: Awal Sejarah Panjang Bangun Hilirisasi

Ekonomi | inews | Senin, 23 September 2024 - 14:59
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan smelter tembaga milik PT Amman Mineral di Sumbawa Barat, NTB pada hari ini, Senin (23/9/2024). Menariknya, smelter ini menjadi yang pertama milik pengusaha asli Indonesia.

Menurut Menteri ESDM Bahlil Lahadalia momen ini menjadi awal sejarah untuk pembangunan hilirisasi di sektor tembaga.

"Saya harus bangga bapak presiden, karena ini smelter pertama miliki pengusaha nasional. Ini bukan asing. Jadi Pak Hilmi dan seluruh dewan direksi, saya harus mengatakan bahwa Amman adalah perusahaan yang meletakkan awal sejarah panjang untuk membangun hilirisasi di sektor tembaga," ucap Bahlil pada Senin (23/9/2024). 

Tak cuma itu, Bahlil juga mengklaim bahwa proyek smelter Amman ini telah membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan negara. Ia pun berharap ke depan akan banyak pengusaha nasional yang ikut membangun smelter. 

klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

"Lapangan pekerjaannya pun sudah paten Pak. Pendapatan negara juga mulai naik, harapan kita besok pengusaha nasional ini Pak yang sudah dikasih izin-izin tambang. Kalau tidak bangun smelter, saya izin saya akan tinjau aja Pak. Jadi harus dipaksa dulu bangun smelter, kalau tidak izinnya dipakai untuk jual-jual saja," tutur dia. 

Sebagai informasi, Presiden Jokowi dalam sambutan peresmiannya menekankan pentingnya hilirisasi industri sebagai langkah strategis untuk menjadikan Indonesia sebagai negara industri maju yang mandiri dalam mengolah sumber daya alam.

"Sebagai pemilik cadangan tembaga masuk dalam tujuh besar dunia, kita telah memasuki babak baru dalam hilirisasi industri tembaga. Dan, kita ingin menyongsong menjadi negara industri maju dengan mengolah sumber daya alamnya sendiri," ujar Presiden Jokowi.

Topik Menarik