Orang Tua Harus Tahu Nutrisi Penting yang Bisa Penuhi Gizi Anak, Cek Faktanya!

Orang Tua Harus Tahu Nutrisi Penting yang Bisa Penuhi Gizi Anak, Cek Faktanya!

Berita Utama | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 01:00
share

JAKARTA, iNews.id - Memberikan gizi seimbang untuk anak penting dalam membentuk tumbuh kembang di mana depan. Maka itu, sebagai orang tua, harus mengetahui apa saja gizi seimbang yang dibutuhkan untuk anak.

Ahli gizi RS GRHA Kedoya Olivia Charissa mengatakan, gizi seimbang merupakan pondasi penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal. "Melalui edukasi, kami ingin menekankan kepada para ibu asupan nutrisi yang tepat di setiap fase pertumbuhan sangat memengaruhi kesehatan fisik dan mental anak, yang akan berdampak jangka panjang pada kualitas hidup mereka," ujar dokter Olivia melalui keterangannya belum lama ini.

Perlu diketahui, gizi seimbang untuk anak adalah konsep yang memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dan proporsional sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan mereka. Lantas, apa saja asupan nutrisi yang dibutuhkan si kecil dalam memenuhi gizinya? Berikut ulasannya.

1. Karbohidrat sebagai sumber energi

Karbohidrat menyediakan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. Anak membutuhkan karbohidrat dalam jumlah cukup dari sumber yang baik seperti nasi, gandum utuh, roti gandum, dan umbi-umbian seperti kentang dan ubi. Hindari sumber karbohidrat yang tinggi gula atau terlalu diproses.

2. Protein untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh

Protein berperan penting dalam membangun jaringan, otot, dan sistem imun anak. Sumber protein dapat berasal dari daging tanpa lemak, ikan, telur, serta protein nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Anak memerlukan cukup protein untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak.

3. Lemak sehat untuk perkembangan otak

Lemak diperlukan untuk penyerapan vitamin dan perkembangan otak, terutama di usia dini. Lemak sehat bisa didapatkan dari sumber seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan berlemak (seperti salmon), dan alpukat. Hindari lemak jenuh yang berlebih dari makanan cepat saji atau gorengan.

4. Serat untuk kesehatan pencernaan

Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Sumber serat yang baik termasuk sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian utuh seperti beras merah atau oatmeal, dan kacang-kacangan. Serat juga membantu menjaga berat badan anak tetap ideal.

5. Vitamin dan mineral penting

Vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, D, zat besi, kalsium, dan zinc sangat penting untuk fungsi tubuh yang sehat. Vitamin A dari wortel dan sayuran hijau, vitamin C dari buah jeruk, zat besi dari daging merah, dan kalsium dari susu sangat dibutuhkan oleh anak untuk kesehatan tulang, kulit, serta fungsi kekebalan tubuh.

6. Porsi yang sesuai dan seimbang

Porsi makanan yang diberikan harus sesuai dengan usia, tingkat aktivitas, dan kebutuhan individu anak. Mengontrol porsi juga penting untuk menghindari kelebihan berat badan. Makanan harus dikombinasikan dengan bervariasi agar anak tidak bosan dan terpenuhi kebutuhan gizinya.

Dalam mendukung peningkatan kualitas tumbuh kembang anak, tidak hanya dibutuhkan pemenuhan gizi saja. Pola asuh yang baik juga penting untuk perkembangannya. "Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen dalam mendukung kesejahteraan masyarakat melalui program Unifam Care for Society, Unifam percaya Ibu memegang peranan yang sangat vital dalam tumbuh kembang anak-anak mereka. Edukasi mengenai pentingnya asupan gizi yang seimbang dan penerapan pola asuh yang tepat adalah kunci dalam menciptakan generasi yang sehat dan kuat di masa depan,” ujar Windy Prastiwi selaku
head of human capital & corporate affairs Unifam.

Sementara itu, Psikolog Anita Chandra, menambahkan, kebiasaan baik yang dibentuk sejak dini akan membawa perbedaan besar di masa depan. Pola asuh yang tepat dan pola hidup sehat dalam keluarga adalah dua hal yang saling berkaitan dalam mendukung perkembangan anak. 

"Keterlibatan orang tua, khususnya ibu, dalam menciptakan lingkungan yang positif, mendukung, dan penuh kasih sayang sangat penting untuk membentuk anak-anak yang percaya diri dan sehat secara emosional," kata Anita.

Perlu diketahui, Unifam kembali menunjukkan komitmennya dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakat melalui program Unifam Care for Society. Berkolaborasi dengan RS GRHA Kedoya dan PKK Kelurahan Kedoya Utara, diselenggarakan kegiatan penyuluhan bertema “Menjadi Ibu dan Teman yang Hebat untuk Tumbuh Kembang Anak”. Penyuluhan gizi dan pola asuh ini diisi oleh narasumber dr Olivia Charissa, yang membahas mengenai pentingnya gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak dan Psikolog Anita Chandra yang memberikan edukasi tentang pola asuh dan pentingnya pola hidup sehat dalam keluarga.

Topik Menarik