Menko Polhukam Tegaskan Pilot Susi Air Philip Mark Dibebaskan dari KKB Papua Tanpa Syarat

Menko Polhukam Tegaskan Pilot Susi Air Philip Mark Dibebaskan dari KKB Papua Tanpa Syarat

Berita Utama | inews | Minggu, 22 September 2024 - 02:15
share

JAKARTA, iNews.id - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menegaskan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dibebaskan tanpa syarat. Penyandera KKB Papua tidak menyampaikan permintaan timbal balik.

"Tidak ada (timbal balik) tidak ada yang mereka minta. Hanya pendekatan secara persuasif," kata Hadi di Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (21/9/2024) malam. 

Hadi mengatakan Petugas TNI-Polri membebaskan sandera dengan pendekatan soft approach. Semua elemen termasuk tokoh adat juga ikut dalam proses negosiasi pembebasan pilot asal Selandia Baru itu. 

"Proses negosiasi ketelibatan tokoh adat, tokoh masyarakat dan ketelibatan gereja semuanya sangat mempengaruhi proses pembebasan ini," katanya.

Dia juga mengatakan pembebasan sandara tersebut hasil kerja keras seluruh pihak termasuk TNI-Polri. Kini Philip diserahkan kepada Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett. 

Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dalam proses pembebasan Philip. Mereka membebaskan sandera tanpa korban jiwa.

"Saya ingin mengucapkan apresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam operasi pembebasan sandera ini," katanya.

Topik Menarik