Temui Jokowi, SBY Lapor Jadi Penasihat Khusus Aliansi Sedunia Membasmi Malaria

Temui Jokowi, SBY Lapor Jadi Penasihat Khusus Aliansi Sedunia Membasmi Malaria

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 12:41
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (2/9/2024). SBY melapor kepada Jokowi mengenai dirinya diangkat menjadi penasihat khusus Aliansi Sedunia untuk Membasmi Malaria.

“Pagi ini saya menghadap Bapak Presiden sehubungan dengan peran dan amanah yang saya jalankan sebagai penasihat khusus Aliansi Sedunia untuk Membasmi Malaria. Saya mendapatkan amanah untuk menjadi special advisor di Asia Pasifik, wakil Asia Pasifik ada dan Afrika ada, dan seluruh dunia, ada global council yang ada di New York,” kata SBY di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

SBY melapor kepada Jokowi sebagai etika politik. Apalagi, SBY merupakan mantan presiden yang jika mendapatkan peran di dunia internasional maka harus menyampaikan kepada presiden saat ini.

“Wajib untuk menyampaikan kepada presiden yang sedang mengemban tugas,” ujarnya.

Menurutnya, melawan malaria merupakan tugas penting. Apabila tidak dilakukan, maka wabah ini akan semakin menjadi-jadi.

SBY menyampaikan, Indonesia juga punya kepentingan untuk menurunkan angka penyakit malaria. Oleh karena itu, SBY pamit akan berangkat ke New York menunaikan tugas ini.

Selain kepada Jokowi, SBY juga melapor ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengenai tugas ini. Pasalnya, Indonesia tahun depan akan menjadi tuan rumah pertemuan terkait penyakit malaria.

SBY mendatangi langsung kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan pada Kamis (19/9/2024) lalu.

Topik Menarik