Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Dibebaskan KKB, Menlu Selandia Baru: Kami Lega!

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Dibebaskan KKB, Menlu Selandia Baru: Kami Lega!

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 12:34
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Selandia Baru Winston Peters mengonfirmasi pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang diculik selama 592 hari oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya. Peters mengungkapkan rasa senang begitu mendengar kabar pembebasan warganya.

"Kami senang dan lega mengonfirmasi bahwa Phillip Mehrtens aman dan sehat serta sudah bisa berbicara dengan keluarganya," kata Peters, dalam pernyataan tertulisnya, seperti dikutip dari Associated Press, Sabtu (21/9/2024). 

"Berita ini pasti sangat melegakan bagi teman-teman dan orang-orang yang dicintainya," ujarnya, melanjutkan.

Dia menambahkan, sejak penculikan pada 7 Februari 2023, pemerintah Selandia Baru berkoordinasi erat dengan otoritas Indonesia guna mengupayakan pembebasan Philip. Sejumlah lembaga pemerintah Selandia Baru bekerja sama dengan pihak berwenang Indonesia serta pihak lain untuk mengamankan pembebasan tersebut. 

"Para pejabat juga mendukung keluarga Mehrtens," tuturnya.

Sebelumnya Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani mengatakan, Satgas Operasi Damai Cartenz mengedepankan upaya soft approach ketimbang hard approach dalam pembebasan Philip.

“Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalkan jatuhnya korban jiwa, baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” kata Faizal.

Dari pendekatan itu, lanjut Faizal, upaya pembebasan membuahkan hasil.

Topik Menarik