Pilot Philip Mehrtens Bebas, Susi Pudjiastuti Berterima Kasih kepada Jokowi hingga Prabowo

Pilot Philip Mehrtens Bebas, Susi Pudjiastuti Berterima Kasih kepada Jokowi hingga Prabowo

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 12:12
share

JAKARTA, iNews.id - Pendiri sekaligus pemilik maskapai penerbangan Susi Air, Susi Pudjiastuti bersyukur atas bebasnya Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. Sang pilot sebelumnya disandera Kelompol Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) selama sekitar 1,5 tahun.

Susi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Indonesia, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang telah berperan dalam upaya pembebasan ini.

"Terima kasih kami kepada Pemerintah Bapak @jokowi @prabowo@Puspen_TNI@ListyoSigitP @HumasPolri dan seluruh pihak yang telah membantu kepulangan Pilot kami," kata Susi di akun X miliknya @susipudjiastuti, Sabtu (21/9/2024).

Sebelumnya, pilot asal Selandia Baru tersebut dijemput tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024, Sabtu (21/9/2024).

Selama ini, pilot tersebut disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di belantara hutan Papua.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani sebelumnya mengatakan, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

“Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalkan jatuhnya korban jiwa, baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” ujar Faizal.

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh, akhirnya upaya pembebasan membuahkan hasil pada Sabtu (21/09/2024) hari ini.

Penampilan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens

Dalam video yang diterima, tampak Philip Mark Mehrtens mengalami banyak perubahan. Sebelum dan saat awal disandera, perawakannya masih terlihat bugar dengan tubuh tinggi dan berisi, dengan kumis dan jenggot tipis.

Setelah 19 bulan berlalu, raut wajah pilot Susi Air itu tampak berubah. Berat tubuhnya menyusut, kumis dan jenggotnya memanjang seperti sudah lama tidak bercukur.

Tatapannya terkadang masih terlihat kosong. Kendati demikian, Philip merasa sudah lega setelah bebas dari penyanderaan.

Philip kini masih harus menjalani pemeriksaan kesehatan hingga psikologi.

Topik Menarik