Cerita Nirina Zubir Punya Hobi Olahraga Lari, Tiap 6 Bulan Lakukan Medical Check Up

Cerita Nirina Zubir Punya Hobi Olahraga Lari, Tiap 6 Bulan Lakukan Medical Check Up

Berita Utama | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 11:55
share

JAKARTA, iNews.id - Artis cantik Nirina Zubir memang dikenal sangat menyukai olahraga. Bahkan, dia sering mengikuti berbagai kompetisi lari seperti fun run, marathon dan sejenisnya.

Dalam waktu dekat, perempuan yang akrab disapa Na ini juga akan mengikuti fun run 5K di Jakarta dan Berlin Marathon 2024. Sebelum mengikuti kedua lomba lari tersebut, ada persiapan yang selalu dia lakukan, yaitu medical check-up.

"Medical check up penting sebelum melakukan olahraga berat, sebisa mungkin 6 bulan sekali check up," kata Nirina Zubir di Jakarta, belum lama ini.

Nirina menjelaskan, medical check up ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan dan mendeteksi dini risiko kesehatan. Adapun tujuannya agar kegiatan olahraga tidak membahayakan tubuhnya.

"Misalnya, ternyata kondisi kesehatan sedang tidak baik, tapi tetap olahraga ekstrem, maka risikonya bisa berdampak buruk bahkan fatal. Jadi ini harus diperhatikan," kata Nirina.

Nirina menambahkan, jika ingin melakukan lomba lari, dia tidak hanya memerhatikan pola makan, suplemen atau vitamin, tetapi juga medical check up. "Berkat medical check up tahun lalu saya baru tahu ada aritmia (gangguan pada irama jantung). Jadi, sekarang sudah tahu bagaimana penanganannya secara tepat, terutama ketika mau ikut lomba lari," katanya .

Nirina juga mengatakan, kebiasaan medical check up secara rutin, sudah duat lakukan sejak usia 30 tahun. Di usia tersebut, dia yang masih sangat aktif bekerja mulai menyadari tubuhnya menunjukkan sinyal ada gangguan kesehatan.

"Sampai kurang bahkan tidak tidur karena banyak kerjaan. Badan jadinya sering lemas atau nggak segar ketika bangun tidur. Ini bahaya ya kalau orang aktif. Di situ kesadaran saya muncul untuk medical check-up 6 bulan sekali," katanya .

Perlu diketahui, Nirina Zubir dalam waktu dekat akan melakukan Marathon Berlin 2024. Sementara itu, lomba lari di Jakarta yang akan dia ikuti adalah Brawijaya 5K Fun Run 2024 di GBK. Kegiatan ini bukan hanya untuk karyawan dan tenaga medis tapi juga masyarakat umum. Lebih dari 1.000 orang telah mendaftar. Dalam kesempatan itu, Nirina Zubir dipercaya sebagai salah satu sport enthusiast.

Perlu diketahui, Fun Run 5K yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (22/9/2024), ini merupakan event lari dalam memeriahkan kegiatan perayaan hari ulang tahun ke-18, Brawijaya Healthcare yang mengusung tema “Melayani Sepenuh Hati, Kebanggaan Negeri”. “Selama hampir dua dekade, kami telah tumbuh bersama masyarakat, dan kami berkomitmen untuk terus menjadi kebanggaan negeri dengan memberikan pelayanan kesehatan yang unggul dan humanis,” ujar Presiden Direktur Brawijaya Healthcare, Amira Ganis di kesempatan yang sama.

Selain Fun Run 5K, ada pula konser dan hiburan Spesial Maliq & D'Essential dan Novia Bachmid. “Kami berupaya memberikan timbal balik bagi karyawan kami, karena semua adalah bagian dari keluarga besar Brawijaya Hospital,” ujar Arie Wibowo, corporate vp human capital Brawijaya Healthcare.

Topik Menarik