28 Makanan Tinggi Protein yang Sehatkan Tubuh, Tak hanya Susu Ikan!

28 Makanan Tinggi Protein yang Sehatkan Tubuh, Tak hanya Susu Ikan!

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 15:45
share

JAKARTA, iNews.id - 28 makanan tinggi protein yang menyehatkan tubuh ini akan membantu Anda dalam berkreasi membuat menu sehari-hari. Tak hanya susu ikan, daftar sumber protein ini pun kebanyakan harganya relatif murah. 

Susu ikan dalam program Makan Bergizi Gratis diklaim lebih sehat dibandingkan susu sapi, karena mengandung Omega 3 yang tinggi. Susu ikan harganya relatif murah, makanya bisa jadi alternatif susu sapi. 

Apakah pernyataan tersebut valid? Baca terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui fakta sebenarnya dari susu ikan dalam program Makan Bergizi Gratis.

Menurut Guru Besar Gizi Klinik Universitas Hasanuddin Makassar Prof Agussalim Bukhari, pernyataan tersebut tidak salah. Sebab, kandungan Omega 3 di susu ikan memang tinggi.

"Keunggulan dari susu ikan adalah tingginya kandungan Omega 3 dan itu baik untuk jantung dan tumbuh kembang otak," kata Prof Agus dalam Webinar PB IDI, Jumat (13/9/2024).

Meski begitu, Ahli Gizi Prof Agus menegaskan kalau susu ikan dan susu sapi sama-sama baik. Keduanya adalah sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

"Di susu sapi dan susu ikan itu sama-sama terkandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Jadi, keduanya baik," ungkapnya.

Di sisi lain, Prof Agus mengingatkan kepada masyarakat agar tidak hanya mengandalkan susu sebagai sumber protein. Sebab, masih ada sumber protein lain yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian.

28 Makanan Tinggi Protein yang Sehatkan Tubuh

Berikut ini 28 makanan tinggi protein yang bisa menjadi pendamping susu, yaitu:

  1. Daging dada ayam
  2. Daging sapi tanpa lemak
  3. Udang
  4. Brokoli
  5. Kacang tanah
  6. Kacang almond
  7. Kedelai
  8. Tahu
  9. Tempe
  10. Telur
  11. Ikan tuna
    sumber protein
    sumber protein
  12. Keju cottage
  13. Yoghurt
  14. Ikan cakalang
  15. Kacang Arab
  16. Quinoa
  17. Biji labu
  18. Gandum
  19. Ikan gabus
  20. Ikan sepat
  21. Ikan salmon
  22. Ikan tongkol
  23. Ikan lele
  24. Ikan bawal
  25. Ikan mas
  26. Ikan tenggiri
  27. Ikan kakap
  28. Ikan kembung

Demikian pembahasan terkait susu ikan dalam program Makan Bergizi Gratis yang diklaim lebih sehat. Masih banyak pilihan sumber protein lain yang bisa dicoba ternyata. 

Topik Menarik