Spesifikasi Airbus A330-900 Neo, Pesawat yang Bawa Paus Fransiskus ke Indonesia

Spesifikasi Airbus A330-900 Neo, Pesawat yang Bawa Paus Fransiskus ke Indonesia

Terkini | inews | Selasa, 3 September 2024 - 12:38
share

JAKARTA, iNews.id - Pemimpin tertinggi gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus tiba di Indonesia hari ini (3/9/2024). Alih-alih menggunakan jet pribadi, Paus Fransiskus justru menggunakan pesawat komersil Italia. 

Paus Fransiskus terlihat datang menggunakan pesawat Alitalia, maskapai penerbangan nasional Italia yang kini diambil alih ITA Airways. Pesawat yang digunakan Paus Fransiskus beserta rombongannya berjenis Airbus A330-900 neo EI-HJS. 

Spesifikasi Airbus A330-900 Neo

Pesawat Airbus A330-900 Neo EI-HJS mempunyai kapasitas hingga 291 penumpang yang terdiri atas 30 kelas bisnis, 24 premium economy class, dan 237 kelas ekonomi. 

Airbus A330-900 Neo menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 7000-72 dengan kecepatan maksimal 918 km/jam. Jarak tempuh dalam sekali penerbangan bisa mencapai 13.334 km dengan ketinggian 41.450 kaki atau 12.634 meter. 

Sekadar informasi, Paus Fransiskus memiliki jadwal kunjungan di Indonesia, pada 3-6 September 2024. Kunjungan ini dilakukan sebagai promosi keberagaman agama yang ada di Indonesia. Berikut jadwalnya seperti yang telah diberitakan iNews.id. 

  • Senin, 2 September 2024  
     Paus Fransiskus berangkat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino menuju Jakarta.
  • Selasa, 3 September 2024  
     Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Penyambutan resmi akan dilakukan di sana.
  • Rabu, 4 September 2024: Paus Fransiskus akan menghadiri upacara penyambutan di Pelataran Istana Merdeka, Jakarta, dan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, Paus akan bertemu dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara. Pada hari yang sama, Paus Fransiskus akan bertemu dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta. Kemudian, Paus akan mengadakan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta.
  • Kamis, 5 September 2024: Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin agama di Masjid Istiqlal, Jakarta, untuk berdialog tentang perdamaian dan persaudaraan antaragama. Setelah itu, Paus akan mengunjungi Kantor KWI di Jakarta dan bertemu dengan penerima manfaat dari berbagai organisasi amal. Sore harinya, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 80.000 jemaat.
  • Jumat, 6 September 2024: Paus Fransiskus akan mengakhiri kunjungannya di Indonesia dan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Port Moresby, Papua Nugini, untuk melanjutkan perjalanan apostoliknya ke negara-negara lain di Asia Pasifik.

Setelah Indonesia, Paus Fransiskus akan mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Perjalanan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antaragama dan mempromosikan perdamaian di kawasan Asia Pasifik.

Topik Menarik