Brutal! KKB Tembak Mati 22 Orang di Jalan Raya Pakistan

Brutal! KKB Tembak Mati 22 Orang di Jalan Raya Pakistan

Terkini | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 17:40
share

QUETTA, iNews.id - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Pakistan menembak mati sedikitnya 22 orang, Senin (26/8/2024). Pejabat pemerintah menyebut pelaku serangan adalah kelompok separatis yang menargetkan etnis Punjab.

Puluhan anggota KKB menyerang beberapa kendaraan yang melintas di jalan raya Distrik Musakhail, Provinsi Balochistan, pada pagi hari.

Najibullah Kakar, pejabat senior Pemerintah Distrik Musakhail, mengatakan kelompok separatis Pasukan Pembebasan Baloch (BLA) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Para pelaku menghentikan bus, minibus, dan truk di jalan raya yang menghubungkan Punjab dengan Balochistan.

“Jumlah militan antara 30 dan 40 orang. Mereka menghentikan 22 kendaraan,” katanya, dikutip dari AFP.

Mereka melakukan sweeping terhadap kendaraan yang menuju dan dari Punjab. Orang-orang dari Punjab diidentifikasi kemudian ditembak.

Dia menambahkan, 20 dari 22 korban tewas adalah buruh asal Punjab, sementara dua lainnya anggota paramiliter.

Namun BLA menepis tuduhan itu, anggotanya hanya mengincar anggota militer berpakaian sipil yang teridentifikasi, bukan etnis Punjab. Mereka sebelumnya merilis pernyataan yang memperingatkan warga Baloch agar menjauh dari jalan raya.

"Para perjuangan akan melawan militer Pakistan yang menduduki. Kami telah menguasai penuh semua jalan raya utama di Balochistan dan memblokir sepenuhnya," demikian isi pernyataan.

Balochistan merupakan provinsi terbesar di Pakistan. Meski kaya akan sumber daya alam, Balochistan justru miskin dan tertinggal dibandingkan dengan provinsi lain, termasuk di bidang pendidikan, lapangan kerja, dan pembangunan ekonomi. Ini yang membuat muncul gerakan-gerakan di wilayah itu untuk memisahkan diri dari Pakistan.

Separatis Baloch dalam beberapa tahun terakhir mengintensifkan serangan terhadap warga Pakistan maupun negara lain yang bekerja di wilayah tersebut. Perusahaan energi asing juga menjadi target serangan dengan alasan mencuri sumber kekayaannya.

Sementara Punjabi merupakan etnis terbesar dari enam kelompok utama di Pakistan. Etnis itu mendominasi jajaran militer Pakistan.

Topik Menarik