IKN Sering Hujan Deras, Paskibraka 17 Agustus akan Dibekali Persiapan Ekstra

IKN Sering Hujan Deras, Paskibraka 17 Agustus akan Dibekali Persiapan Ekstra

Terkini | inews | Jum'at, 26 Juli 2024 - 22:03
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengantisipasi kemungkinan hujan deras pada saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Para calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan dibekali latihan ekstra.

Wakil Kepala BPIP, Rima Agristina menjelaskan tidak hanya mempersiapkan calon Paskibraka secara fisik tetapi juga dengan perlengkapan yang mendukung, termasuk untuk menghadapi kondisi hujan.

"Kami telah mempersiapkan semuanya, termasuk jika turun hujan. Adik-adik dibekali dengan perlengkapan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam segala kondisi," kata Rima, Jumat (26/7/2024).

Sebagai bagian dari persiapan, BPIP telah menyediakan tumbler untuk minum bagi setiap anggota Paskibraka.

"Setiap adik-adik bawa tumbler, jadi tidak perlu mencari-cari minuman. Mereka juga diberikan ransel yang berisi tisu dan jas hujan," katanya.

Pengukuhan terhadap 76 anggota Paskibraka akan dilakukan pada 9 Agustus 2024 di Jakarta, setelah itu mereka akan diberangkatkan ke IKN.

"Rencananya, mereka akan dikukuhkan pada 9 Agustus, lalu diberangkatkan ke Nusantara sehari setelahnya," ujar Rima.

Para anggota Paskibraka akan dibawa ke IKN melalui dua tahap penerbangan dan akan mengikuti serangkaian latihan di sana, termasuk gladi kotor, gladi bersih, dan latihan gabungan.

"Setibanya di Nusantara, mereka akan melaksanakan berbagai latihan sebelum upacara pengibaran sang merah putih," tutur Rima.

Sebanyak 76 anggota Paskibraka terpilih dari 38 provinsi di Indonesia, dengan setiap provinsi diwakili oleh satu pasang putra dan putri. Saat ini, mereka berada di Pusdiklat Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, sejak 12 Juli untuk mengikuti pelatihan intensif.

"Jumlahnya adalah 76, berasal dari 38 provinsi, masing-masing satu pasang putra-putri, dan mereka telah berada di Cibubur sejak 12 Juli untuk menjalani proses pelatihan," kata Rima.

Topik Menarik