Balas Kematian Komandan, Ratusan Roket Hizbullah Hujani Israel

Balas Kematian Komandan, Ratusan Roket Hizbullah Hujani Israel

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 20:25
share

BEIRUT, iNews.id – Kelompok Hizbullah pada hari ini menyatakan telah meluncurkan lebih dari 200 roket yang menyasar lima posisi militer Israel. Serangan tersebut sebagai tanggapan atas pembunuhan salah satu komandan senior kelompok yang berbasis di Lebanon Selatan itu, kemarin.

Sementara militer zionis mengatakan, sebanyak 17 sirene peringatan telah dibunyikan selama lebih dari 90 menit di berbagai bagian wilayah utara Israel, dari Nahariya di barat hingga ke Golan di timur. Sirene itu meraung-raung di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa perang lintas batas antara Hizbullah dan militer Israel dapat meningkat menjadi sebuah perang habis-habisan di Lebanon.

Serangan udara Israel menyebabkan tewasnya seorang komandan senior Hizbullah, Rabu (3/7/2024). Peristiwa itu terjadi di luar Kota Tyre. Dua orang sumber keamanan Lebanon mengatakan, komandan yang tak diungkap identitasnya ke publik itu bertanggung jawab atas sebagian operasi Hizbullah di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel dalam beberapa bulan terakhir.

Dikatakan bahwa sang komandan lapangan memiliki pangkat dan tugas yang sama dengan Taleb Abdallah, petinggi militer lainnya di Hizbullah yang terbunuh dalam serangan Israel pada bulan lalu.

Abdallah adalah komandan lapangan Hizbullah paling senior yang dibunuh Israel dalam 8 bulan terakhir atau sejak pecahnya perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

Topik Menarik