Kenapa Muharram Jadi Bulan Pertama dalam Kalender Hijriah? Ini Sejarahnya

Kenapa Muharram Jadi Bulan Pertama dalam Kalender Hijriah? Ini Sejarahnya

Terkini | okezone | Minggu, 7 Juli 2024 - 08:07
share

KENAPA Muharram jadi bulan pertama dalam kalender Hijriah? Ini sejarahnya yang sangat penting diketahui setiap Muslim.

Muharram merupakan satu dari empat bulan haram atau suci bersama Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Pada bulan Muharam dan ketiganya tersebut, Allah Subhanahu wa Ta'ala menjanjikan pahala berlipat ganda dari setiap amalan salih yang dikerjakan hamba-hamba-Nya.

Sebaliknya, Allah Azza wa Jalla juga memberikan ancaman berlipat atas setiap dosa yang diperbuat umat manusia.

"Bulan Muharram merupakan salah satu bulan mulia. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menciptakan 12 bulan, 4 di antaranya adalah bulan haram: Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharam, dan Rajab," papar Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Khaeruddin Hamsin seperti dilansir Muhammadiyah.or.id .

Dia melanjutkan, kendati merujuk pada hiijrahnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, penanggalan kalender Islam baru resmi digunakan saat sistem pemerintahan Islam dipimpin Khalifah Umar bin Khattab atau 17 tahun setelah Hijrah (7 tahun setelah Rasulullah wafat).

Kebutuhan akan adanya sistem penanggalan ini berangkat dari persoalan administratif surat-menyurat. Ketika ditunjuk sebagai gubernur, Abu Musa Al-Asy'ari kebingungan karena surat yang dikirim Umar kepadanya tertulis tanpa tanggal yang rinci dan detail. Ia mendapati surat pada bulan Sya'ban, namun dirinya bingung Sya'ban tahun berapa.

Topik Menarik