Rusia Masih Berharap Indonesia Gabung BRICS

Rusia Masih Berharap Indonesia Gabung BRICS

Terkini | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 15:12
share

JAKARTA, iNews.id - Rusia berharap Indonesia bergabung dalam blok negara-negara BRICS. Bahkan Indonesia dimasukkan sebagai kandidat potensial dalam kelompok negara beranggotakan Brasil, Rusia, Inda, China, dan Afrika Selatan itu.

"Kami selalu mempertimbangkan Indonesia menjadi kandidat kuat untuk bergabung dalam BRICS," kata Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia, Sergei Tolchenov, kepada Sputnik, Minggu (7/7/2024).

Meski demikian, saat pertemuan BRICS pada 2023 lalu, pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk tidak bergabung.

Dia menambahkan, delegasi Indonesia bisa menghadiri pertemuan BRICS dalam format plus/outreach yang akan diadakan bersamaan dengan KTT Kazan 2024. Pemerintah Rusia belum mengirim undangan ke mana pun untuk pertemuan tersebut saat ini.

Jika undangan disampaikan, kami berharap mendapat sambutan dari Indonesia, ujarnya.

Presiden Jokowi menghadiri KTT BRICS di Arfika Selatan pada Agustus 2023. Saat itu Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menegaskan kehadiran Jokowi tidak ada kaitannya dengan status keanggotaan Indonesia.

Bey menegaskan, Presiden Jokowi akan hadir di KTT BRICS karena kapasitas Indonesia sebagai pemimpin ASEAN.

"Bapak Presiden hadir di forum ini untuk memenuhi undangan sebagai tamu, yakni dalam kapasitas Indonesia yang sedang memegang keketuaan ASEAN," ujarnya.

Topik Menarik