Pemerintah Jepang Resmi Setop Pakai Disket Floppy di Semua Instansi

Pemerintah Jepang Resmi Setop Pakai Disket Floppy di Semua Instansi

Terkini | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 13:32
share

TOKYO, iNews.id – Pemerintah Jepang hari ini secara resmi menghapuskan penggunaan disket atau floppy disk di semua sistem birokrasinya. Langkah tersebut diterapkan negeri sakura dua dekade sejak masa kejayaan media penyimpanan itu. 

Keputusan itu dianggap sebagai tonggak sejarah yang telah lama ditunggu-tunggu dalam kampanye modernisasi birokrasi Jepang. Pada pertengahan bulan lalu, Badan Digital Jepang telah menghapus 1.034 peraturan yang mengatur penggunaan floppy disk, kecuali satu pembatasan lingkungan terkait daur ulang kendaraan.

“Kami telah memenangkan perang terhadap floppy disk pada tanggal 28 Juni!” kata Menteri Digital Jepang, Taro Kono, Rabu (3/7/2024), seperti dikutip Reuters.

Kono begitu vokal mendorong penghapusan mesin faks dan teknologi analog lainnya di pemerintahan negeri samuari. Dia sebelumnya pernah menjabat Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri Jepang. Dia resmi menjabat Menteri Digital pada Agustus 2022 setelah gagal menjadi perdana menteri.

Badan Digital Jepang sendiri didirikan saat berlangsungnya pandemi Covid-19 pada 2021. Pada waktu itu, pemerintah berupaya melakukan pengujian dan vaksinasi secara nasional. Namun dalam pelaksanaannya, terungkap bahwa Pemerintah Jepang ternyata masih bergantung pada pengarsipan dokumen dan teknologi yang sudah ketinggalan zaman.

Namun, upaya digitalisasi Jepang menemui banyak hambatan. Aplikasi pelacakan kontak gagal dijalankan selama pandemi dan penerapan kartu identitas digital My Number milik pemerintah berjalan lebih lambat dari yang diharapkan. Tak hanya itu, kesalahan data juga berulang kali terjadi.

Topik Menarik