Korban Tewas Ricuh Festival Hindu India Jadi 121 Orang, Polisi Cari Penceramah

Korban Tewas Ricuh Festival Hindu India Jadi 121 Orang, Polisi Cari Penceramah

Terkini | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 13:36
share

HATHRAS, iNews.id - Jumlah korban tewas kericuhan saat acara keagamaan Hindu Distrik Hathras, Uttar Pradesh, India, Selasa (2/7/2024), bertambah menjadi 121 orang. Banyak di antara korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

Menteri kepala Uttar Pradesh Kumar Singh mengatakan dari total korban tewas, 108 di antaranya adalah perempuan dan tujuh lainnya anak-anak.

Polisi memberikan izin kepada penyelenggara untuk menggelar acara itu untuk 80.000 pengunjung. Namun polisi mendapati sekitar 250.000 orang yang datang. Mereka datang untuk mendengarkan ceramah dari tokoh Hindu, Surajpal.

Dokumen kepolisian mengungkap, kerusuhan terjadi saat Surajpal, juga dikenal sebagai 'Bhole Baba', hendak pergi meninggalkan lokasi. Para pengikutnya berebut untuk mendekati mobil dengan keluar dari lokasi acara. Mereka berdesak-desakan hingga jatuh dan terinjak-injak.

Media lokal menyebut acara tersebut digelar oleh sekelompok umat, namun tidak disebutkan nama organisasinya. 

Kantor berita ANI melaporkan, polisi kini sedang mencari Surajpal untuk dimintai keterangan. Namun pejabat kepolisian Distrik Hathras masih enggan memberikan komentar.

Salah satu pengunjung, Kamla, mengatakan acara tersebut digelar rutin setiap tahun. Dia telah menghadiri sejak 20 tahun lalu.

“Saya datang menghadiri satsang (festival keagamaan) bersama putri saya berusia 16 tahun dan berdesak-desakan sekitar pukul 2 siang,” katanya.

Nahas, putrinya meninggal setelah sempat dirawat di rumah sakit.

Topik Menarik